• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish
   


Loading...
Loading...
Loading...

Kekayaan 5 Penjabat Gubernur yang Dilantik Hari Ini, Siapa Terkaya?

Kamis, 12 Mei 2022 | 20:06 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian lima penjabat gubernur di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta, Kamis (12/05/2022)

Klikbabel.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik lima penjabat sementara pengganti Gubernur Kamis (12/05/2022). Kekayaan lima pejabat gubernur hari ini ikut menjadi sorotan, siapa terkaya?

Diketahui lima penjabat sementara Gubernur tersebut adalah Sekretaris Daerah Banten Al Muktabar sebagai Pj Gubernur Banten, Dirjen Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin sebagai Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik sebagai Pj Gubernur Sulawesi Barat, Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas Kemenpora Hamka Hendra Noer sebagai Pj Gubernur Gorontalo, dan Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP Kemendagri Paulus Waterpauw sebagai Pj Gubernur Papua Barat.

Pelantikan lima pejabat sementara Gubernur ini didasarkan ata Keputusan Presiden Nomor 50/P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur yang mulai berlaku terhitung 12 Mei 2022. Berikut ini adalah daftar kekayaan para pejabat gubernur yang dilantik.

1. Al Muktabar
Al Muktabar terakhir kali melaporkan harta kekayaan dalam Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) pada 2020 silam. Saat itu dia tercatat memiliki harta sebesar Rp16,2 miliar. Harta tersebut terdiri dari tanah dan bangunan di Jakarta, Depok, serta Bandung dengan nilai Rp8,2 miliar. Kemudian tiga unit mobil dengan nilai total Rp1,1 miliar, serta harta bergerak berupa kas dan senilai kas sebesar Rp6,7 miliar.

2. Ridwan Djamaluddin
Total harta Ridwan Djamaluddin pada 2020 adalah Rp9,5 miliar. Dia tercatat memiliki tujuh bidang tanah dan bangunan di kawasan Jakarta dan Kabupaten Bangka Barat dengan total Rp3,2 miliar ditambah tiga unit mobil dengan nilai Rp565 juta. Kemudian Ridwan juga memiliki harta bergerak Rp1,4 miliar, surat berharga senilai Rp1,4 miliar, serta harta setara kas Rp3,4 miliar.

3. Hamka Hendra Noer
Hamka melaporkan kekayaan senilai Rp11,9 miliar pada 2020. Harta itu terdiri dari enam bidang tanah dan bangunan di Jakarta serta Bandung Barat dengan nilai Rp11,2 miliar. Kemudian lima unit kendaraan senilai Rp555 juta. Kekayaan ditambah dengan harta bergerak Rp182 juta, surat berharga Rp1,5 miliar, dan kas serta setara kas Rp30 juta. Kendati demikian Hamka juga tercatat memiliki utang Rp1,5 miliar.

4. Akmal Malik
Akmal memiliki total kekayaan Rp6,1 miliar. Kekayaan tersebut terdiri dari lima bidang tanah di Bogor, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, serta dua lokasi yang tidak dirinci dengan total Rp5 miliar. Kemudian Akmal juga memiliki tiga unit kendaraan dengan nilai Rp163 juta, harta bergerak Rp73 juta, kas dan setara kas Rp822 juta.

5. Paulus Waterpauw
Paulus tercatat memiliki kekayaan Rp10,6 miliar pada 2017 silam. Kekayaan tersebut terdiri dari 20 bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Badung, Mimika, dan Jayapura dengan total Rp3,7 miliar. Paulus juga memiliki satu unit mobil senilai Rp495 juta, kas dan setara kas Rp4,5 miliar, serta harta lainnya Rp1,9 miliar.



Penulis  : -
Editor    : Leandri
Sumber : Suara.com