• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish
   


Loading...
Loading...
Loading...

Hasil Timnas Indonesia vs Vietnam: Garuda Muda Dibantai The Golden Star Warriors 0-3

Jumat, 06 Mei 2022 | 20:58 WIB
Penyerang timnas Indonesia, Saddil Ramdani tengah berebut bola dengan penggawa Vietnam dalam matchday pertama Grup A SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (6/5/2022) malam WIB. [Instagram/PSSI]

Klikbabel.com - Timnas Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan timnas Vietnam dalam matchday pertama Grup A SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, pada Jumat (6/5/2022) malam WIB.

Duel timnas Indonesia vs Vietnam ini berakhir dengan skor 0-3 untuk kemenangan tuan rumah. Gol-gol The Golden Stars dalam laga ini dicetak Nguyen Tien Linh (54'), Do Hung Dung (74') dan Le Van Do (87').

Kekalahan ini membuat timnas Indonesia U-23 terpuruk di peringkat empat klasemen Grup A dengan koleksi nol poin dari satu laga, alias cuma lebih baik dari Timor Leste yang dimatchday pertama kalah 0-4 dari Filipina.

Sementara itu, kemenangan ini membuat Vietnam menempel ketat Filipina di posisi kedua. Tim asuhan Park Hang-seo mengoleksi tiga poin dari satu laga, hanya kalah selisih gol dari Filipina.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan berlangsung ketat sejak kick-off. Kedua tim sama-sama menerapkan pressing tinggi di mana Vietnam lebih dominan menguasai bola.

Hingga 10 menit pertandingan berjalan, belum ada serangan berbahaya yang diciptakan Indonesia maupun Vietnam. Kedua tim terlihat masih tampil berhati-hati.

Vietnam mendapat peluang mencetak gol pada menit ke-18 lewat Ly Cong Hoang Anh. Namun, tembakan kerasnya dari luar kotak penalti masih elebar di sisi kanan gawang Indonesia.

Vietnam kembali mendapat peluang emas pada menit ke-20. Berawal dari mudahnya Rio Fahmi dilewati Nguyen Van Tung di sisi kanan Indonesia, penyerang Vietnam itu menusuk ke kotak penalti untuk melepaskan tembakan datar melengkung.

Namun, tembakan Nguyen Van Tung tak menemui sasaran. Bola sepakannya cuma melebar tipis di sisi kiri gawang Adi Satrio.

Lewat skema serangan balik, timnas Indonesia U-23 menciptakan peluang pada menit ke-23. Egy Maulana Vikri yang sudah berada di depan kotak penalti, melepaskan tembakan keras dengan kaki kiri tetapi bola masih melambung tinggi di atas mistar gawang Vietnam.

Pada menit ke-27, Vietnam mengancam gawang Adi Satrio lewat serangan balik. Lini tengah Indonesia gagal mengantisipasi pergerakan pemain Vietnam yang kemudian melepaskan tembakan keras yang masih bisa ditepis kiper INdonesia.

Bola muntah kemudian kembali didapatkan pemain Vietnam di dalam kotak penalti. Beruntung, tendangan salto pemain The Golden Stars masih terlalu lemah dan bisa diamankan Adi Satrio.

Timnas Vietnam kembali mendapat peluang pada menit ke-35. Lewat serangan dari sisi sayap kanan, Nguyen Tien Linh menerima umpan di dalam kotak penalti. Namun, sundulannya masih terlalu lemah dan bisa diamankan Adi Satrio.

Pada menit ke-44, timnas Vietnam kembali mengancam gawang Indonesia. Lewat skema tendangan bebas, bola dilepaskan langsung ke arah gawang yang masih bisa ditepis Adi Satrio.

Bola muntah kemudian kembali didapatkan pemain VIetnam di luar kotak penalti untuk kembali melepaskan tembakan yang mengenai bek Indonesia untuk kemudian diselamatkan kiper.

Hingga peluit tanda berakhirnya babak pertama, skor 0-0 pun tak berubah. Indonesia vs Vietnam masih sama kuat.

Di babak kedua, Vietnam masih lebih dominan menguasai bola. DI sisi lain, skuad Garuda Muda coba mencari kesempatan lewat serangan balik cepat.

Pada menit ke-53, Vietnam berhasil mencetak gol. Lewat serangan cepat, The Golden Stars melakukan serangan lewat sisi kanan pertahanan Indonesia.

Le Van Do yang menerima bola di dalam kotak penalti kemudian melepaskan umpan silang yang langsung disambar oleh Nguyen Tien Linh. Sepakan kerasnya di depan gawang tak bisa diantisipasi Adi Satrio. Vietnam 1-0 Indonesia.

Selepas gol tersebut, Vietnam semakin sering meneror gawang Indonesia. Pada menit ke-60, Nguyen Tien Linh kembali mendapat peluang emas.

Lewat skema umpan trobosan, Tien Link mendapat boal di depan kotak penalti Indonesia. Dia menggiring bola sedikit untuk kemudian melepaskan tembakan yang masih bisa diblok Rizky Ridho.

Vietnam kembali mengancam gawang Indonesia pada menit ke-68. Lewat serangan dari sisi sayap kanan, pemain Vietnam menusuk ke dalam kotak penalti untuk melepaskan umpan yang masih bisa dipotong kiper Indonesia.

Hingga laga berjalan 70 menit, timnas Indonesia masih terus tertekan oleh Vietnam. Serangan balik tim asuhan Shin Tae-yong lebih sering terputus sebelum sepertiga akhir dibanding berbuah peluang.

Terbukti, pada menit ke-73, timnas Indonesia kembali kebobolan. Vietnam menggandakan keunggulan lewat Do Hung Dung.

Pada menit ke-76, Vietnam lagi-lagi hampir menambah keunggulan. Sayangnya, determinasi tim asuhan Park Hang-seo masih bisa digagalkan barisan pertahanan Indonesia di kotak penalti.

Indonesia kembali kebobolan pada menit ke-87. Fachruddin Aryanto salah mengantisipasi bola yang dilepaskan Le Van Do sehingga membuat kiper Adi Satrio kesulitan mengantisipasi bola.

Vietnam beberapa kali menyerang pertahanan Indonesia setelah itu. Namun skor 3-0 untuk keunggulan mereka pada akhirnya tak berubah hingga pertandingan berakhir.



Penulis  : -
Editor    : Leandri
Sumber : Suara.com