• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish
   


Loading...
Loading...
Loading...

HUT ke 256, Ini Capaian Prestasi Kota Sungailiat

Rabu, 27 April 2022 | 17:27 WIB
Rapat Paripurna Istimewa HUT ke 256 Kota Sungailiat, di gelar DPRD Kabupaten Bangka, Rabu (27/04/2022)

Klikbabel.com, Sungailait - Rapat Paripurna Istimewa HUT ke 256 Kota Sungailiat, di gelar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka, Rabu (270/4/2022), di ruang rapat paripurna DPRD Bangka.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Bangka, Mulkan SH MH serta Forkopimda, sejumlah kepala OPD dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka.

Rapat Paripurna Istimewa HUT Kota Sungailiat Ke 256 Tahun 2022 kali ini, mengusung tema Mari Kita Tingkatkan Sinergitas Pemulihan Ekonomi Untuk Mewujudkan Bangka Yang Setara Nyaman Bersama.

Membuka rapat, Ketua DPRD Kabupaten Bangka, Iskandar menyampaikan, peringatan HUT Kota Sungailiat ini dinilai sebagai wujud kebersamaan masyarakat dengan Pemkab Bangka untuk bersama-sama bersinergi dalam pemulihan perekonomian masyarakat Kabupaten Bangka.

"Dengan momentum peringatan Hut Kota Sungailiat ini, mari bersama-sama dari seluruh komponen masyarakat Kota Sungailiat, menjadikan HUT Kota Sungaikiat sebagai bahan evaluasi dan memperbaiki diri, juga memantapkan kebersamaan ke gotong-royongan dalam membantu meningkatkan pembangunan," jelas Iskandar.

Bupati Bangka, Mulkan SH MH, dalam sambutannya menyebutkan, hari peringatan bersejarah bagi Kota Sungailiat ini menjadi momentum evaluasi dan renungan diri terhadap apa yang telah dilakukan dan berikan seluruh elemen masyarakat untuk membangun Kota Sungailiat.

"Khususnya dalam terciptanya dalam mendorong peradaban kota dan masyarakatnya yang lebih maju, demi tercapainya pemerintahan yang adil, berkarakter, kreatif, sesuai visi Pemerintah Kabupaten Bangka untuk Kota Sungailiat tercinta ini," kata bupati.

Seiring perjalanan panjang yang telah dilalui dan bersejarah hingga berdirinya Kota Sungailiat yang telah mencapai usia 256 tahun pada hari ini, dianggapnya, telah mengalami kemajuan signifikan.

Ia menyebutkan, telah terdapat banyak perubahan yang sangat baik dari aspek fisik maupun sosial, budaya, ekonomi dan lingkungan.

Perubahan-perubahan yang dialami Kota Sungailiat dalam kurun waktu yang cukup lama ini, diiringi pergeseran nalar, nilai dan paradigma positif menjadi lebih terbuka, kreatif, mandiri, mampu menjalin relasi sosial dengan baik, serta sanggup beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini agar setiap orang memberi manfaat besar bagi Kota Sungailiat.

Untuk itu, menurutnya, peringatan ke-256 tahun Kota Sungailiat, harus dimaknai sebagai wadah mengingatkan kembali pentingnya menjaga antara keseimbangan manusia dan sosial serta lingkungannya dengan memanfaatkan daya pikir yang lebih maju, sesuai tema peringatan hari jadi Kota Sungailiat tahun ini.

"Dengan HUT Kota Sungailiat ke-256 tahun, mari kita tingkatkan sinergitas pemulihan ekonomi untuk mewujudkan Bangka yang Nyaman Bersama. Hal ini sangat selaras dan penting peran ekonomi kreatif dan UMKM dalam upaya pemulihan ekonomi Kabupaten Bangka pada pandemi dan pasca pandemi," sebutnya.

Bupati mengungkapkan, meski terdampak oleh pandemi, ekonomi kreatif dan UMKM di Kota Sungailiat, harus mampu beradaptasi, memanfaatkan peluang yang ada, sehingga dapat tetap tumbuh dan bertahan, dengan sinergitas bersama semua pihak untuk pemulihan ekonomi dalam mewujudkan bangka yang nyaman bersama.

Industri kreatif dan UMKM harus mampu berinovasi agar tetap tumbuh dan bertahan di tengah Pandemi. HUT Kota Sungailiat tahun 2022 ini untuk meningkatkan kemitraan, koordinasi antar elemen masyarakat, mendukung ekonomi kreatif dan UMKM sebagai bagian dari upaya pemulihan ekonomi, sehingga terwujud Bangka Setara yang "Nyaman Bersama".

"Kemajuan pembangunan Kota Sungailiat yang semakin mengokohkan perannya dalam pembangunan, baik di kancah regional dan nasional. Kota dan Kabupaten Bangka ini telah berhasil menorehkan prestasi diberbagai bidang pembangunan dengan indikator ekonomi dan sosial yang tumbuh positif dan tajam," paparnya.

"Hal ini terlihat dari pertumbuhan ekonomi yang membaik dan meningkat menjadi 7,48 persen, angka kemiskinan hanya 4,81 persen, angka pengangguran hanya 5,97 persen, indeks ketimpangan pendapatan masyarakat menurun menjadi 0,256 serta tukar nilai petani meningkat tajam sebesar 125,71," lanjut bupati.

Selain itu, sektor pendidikan kesehatan, infrastruktur, pelayanan publik, dianggap terus memperhatikan kualitas, kuantitas dan kemajuan dari tahun ke tahun serta mementingkan kepentingan masyarakat.

"Program vaksinasi juga untuk memutuskan mata rantai Covid-19 baik satu, dua dan booster terus-menerus dilakukan dan mencapai target," tegas Mulkan.

Capaian pembangunan tersebut, dikatakannya, diikuti pula dengan keberhasilan Kota Sungailiat, dalam berbagai penghargaan baik di tingkat regional maupun nasional, seperti raihan kota layak anak, kota peduli HAM, opini wajar tanpa pengecualian (WTP), Sakip award, anugerah KIP, ombudsman provinsi, top instansi pemerintah dan perumda seperti pdam Tirta Bangka, top pelayanan publik (Sinovik) dan lain sebagainya.

Hadir juga di dalam kegiata, Wakil Gubernur Provinsi Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah yang meminta OPD di daerah agar dapat dengan sebaik-baiknya menjalankan roda pemerintahan daerah, sebagaimana visi misi daerah Kabupaten Bangka.

"Agar tercapainya pemerintahan yang bersih dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Sungailiat," ucap Wagub.



Penulis  : Farah
Editor    : Relanda
Sumber : klikbabel.com