• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish
   


Loading...
Loading...
Loading...

Gubernur Harap Petani Babel Tanam Lebih Dari Satu Komoditi

Senin, 25 April 2022 | 23:18 WIB
Gubernur Erzaldi Ucapkan selamat kepada para pemenang Lomba Kebun Lada Petani, Senin (25/04/2022).

Klikbabel.com, Mendo Barat - Tak henti-hentinya, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menganjurkan kepada para petani di Babel untuk menanam lebih dari satu komoditi. Satu di antara tanaman yang harus ditanam adalah lada, karena lada Babel memiliki spesifikasi khusus yang tidak dimiliki oleh daerah lain.

"Bahwa kita petani di Bangka Belitung ini harus memiliki strategi, yaitu jangan menanam satu komoditi saja. Kita harus menanam beberapa komoditi, minimal tiga komoditi secara bersama di satu hamparan," harapnya.

Harapan itu disampaikan Gubernur Erzaldi dalam kegiatan Penyerahan Penghargaan Lomba Kebun Lada Petani Masa Pembinaan 2020/2021 Tingkat Prov. Kepulauan Bangka Belitung bertempat di UPTD Balai Benih Pertanian Pelempang, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Desa Air Buluh, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, Senin (25/04/2022).

"Kita harus bersyukur karena ini adalah pemberian dari Allah Swt, dan mubazir kalau tidak dimanfaatkan," ungkapnya.

Gubernur Erzaldi pun mengucapkan selamat kepada para pemenang Lomba Kebun Lada Petani Masa Pembinaan 2020/2021 Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini, seraya berharap agar terus meningkatkan produksinya. Sebagai penghargaan kepada para pemenang, akan diberikan satu ekor sapi untuk dikembangkan. Selain para pemenang Gubernur juga memberikan apresiasi kepada para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang mendampinginya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Erzaldi juga mengucapkan selamat kepada para peserta didik dari Babel yang mendapat beasiswa dan akan diberangkatkan untuk menempuh pendidikan di Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan) tahun ajaran 2022/2023. Beasiswa yang diberikan merupakan jalur kerja sama antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Polbangtan Malang.

Kepada para siswa, gubernur berharap agar siswa belajar dengan tekun, menyerap ilmu sebanyak-banyaknya, dan mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki untuk diterapkan di Babel.

Jurusan peternakan yang diambil nantinya akan dikolaborasikan dengan pertanian, termasuk pertanian lada dan program food estate yang dikembangkan saat ini.

"Jadi nanti kalian jangan sedikit-sedikit minta pulang. Pantang pulang sebelum menang," ujarnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Bangka, Syahbudin; Kepala BPTP Babel, Suharyanto; Direktur Polbantan Malang, Setya Budi Udrayana; Pimpinan Dewan Rempah Bangka Belitung, Bayo Dandari; Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Babel, Edi Romdhoni; dan Kepala Dinas Pertanian se-Kepulauan Bangka Belitung, dan tenaga PPL se- Kepulauan Bangka Belitung.

Daftar Pemenang Lomba Kebun Lada Petani Masa Pembinaan 2020/2021 Tingkat Prov. Kepulauan Bangka Belitung:
1.  Juara I: Sukirman (Kabupaten Bangka)
2. Juara II: Depo Putra (Kabupaten Bangka Tengah)
3. Juara III: Afen (Kabupaten Bangka Selatan)

Daftar peserta didik Bangka Belitung yang menempuh pendidikan di Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan) tahun ajaran 2022/2023:
1.Zulzila Arda Arnesyia (SMKN 1 Pulau Besar, Kabupaten Bangka Selatan)
2.Aji Wahyu Pamungkas (SMAN 1 Pangkalpinang)
3.Sindi (SMKN 1 Mendo Barat, Kabupaten Bangka)
4.Randy Septian Afandy, (SMKN 1 Dendang, Kabupaten Belitung Timur)
5 Ragil Satriyo (Belitung)
6. Randa Oktavario, (SMAN 1 Koba, Kabupaten Bangka Tengah)
7.Ari Wibowo (SMKN 1 Kelapa, Kabupaten Bangka Barat)



Penulis  : Gama
Editor    : Relanda
Sumber : klikbabel.com