• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish
   


Loading...
Loading...
Loading...

THR dan Gaji ke 13 PNS 2022 Kapan Cair? Catat Jadwal Pencairannya di Sini!

Minggu, 17 April 2022 | 21:42 WIB
THR dan Gaji ke 13 PNS 2022 Kapan Cair [suara.com/Dian Kusumo Hapsari]

Klikbabel.com – THR dan gaji ke 13 2022 kapan cair masih jadi pembahasan hangat menjelang idul fitri, apalagi minyak goreng sekarang sedang mahal, para ibu rumah tangga berharap gaji dan THR bisa menambah kemampuan belanja mereka.

Nah, ada kabar baik untuk semuanya, bahwa pertanyaan THR dan gaji ke 13 PNS 2022 kapan cair tidak perlu dipersoalkan lagi. Sebab, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah memastikan  bahwa PNS akan mendapatkan THR dan gaji ke 13 tahun ini. Dana untuk THR dan gaji ke 13 untuk PNS 2022 sudah disiapkan.

Lantas kapan pencairan akan dilaksanakan? THR dan gaji ke 13 PNS 2022 kapan cair akan dijawab lebih rinci di bawah ini.

Kapan pencairan THR dan gaji ke 13 PNS 2022 dilaksanakan berdasarkan aturan, di mana disebutkan bahwa THR dan gaji ke-13 akan diberikan pada hari -14 sebelum hari raya Idul Fitri. Sementara untuk jumlahnya akan disamakan dengan jumlah satu kali gaji.

Jadi, asumsikan saja,  Anda seorang PNS yang mendapatkan gaji per bulan 1.500.000, maka nantinya Anda akan mendapatkan THR sebesar Rp1.500.000. Demikian itu cara menghitungnya.

Di samping pencairan THR, ada pencairan gaji ke 13 untuk PNS 2022. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sudah menyatakan bahwa gaji ke 13 untuk PNS dicairkan pada Juli 2022. Berselang sekitar satu bulan setelah lebaran.

Pencairan gaji ke 13 pada bulan Juli bertepatan dengan waktu pembayaran sekolah, sehingga diharapkan gaji ke 13 dapat mempermudah orang tua untuk memenuhi kebutuhan anak-anak.

Sementara itu, pencairan THR dan gaji ke-13 dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan daya beli masyarakat. Saat ini, perekonomian Indonesia masih terdampak Covid-19 dan masih tebrilang dalam masa pemulihan. Saat ini, penanganan pandemi Covid-19 sudah semakin membaik, sehingga pemerintah bisa fokus pada pemulihan, penguatan APBN, dan lain sebagainya.

Muncul tantangan pada kemampuan daya beli masyarakat karena ketika pandemi covid-19 terjadi, ada beberapa sektor yang mengalami banyak hambatan, sehingga pendapatan masyarakat pun menurun. Belum lagi, terjadi kasus kenaikan harga minyak dan harga beberapa komoditi.

Oleh karena itu, diharapkan dengan dicairkannya THR dan juga gaji ke-13 kepada PNS, masyarakat dapat melakukan belanja lebaran seperti biasa dan pertumbuhan ekonomi pun dapat berlangsung sesuai rencana.

Kebijakan THR dan gaji ke 13 disesuaikan juga sebagai wujud penghargaan atas kontribusi dan pengabdian para PNS kepada negara selama ikut menangani pandemi melalui pelayanan masyarakat dan upaya pengendalian pandemi secara nasional.

Demikian itu, uraian singkat dan jawaban terkait dengan THR dan gaji ke 13 PNS 2022 kapan cair yang mungkin saja masih menunggu kepastiannya.



Penulis  : -
Editor    : Relanda
Sumber : suara.com