• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish
   


Loading...
Loading...
Loading...

Sukses Jadi Runner up di Piala AFF Futsal 2022

Minggu, 10 April 2022 | 21:38 WIB
Tim nasional futsal Indonesia yang berlaga di Piala Futsal AFF 2022 di Bangkok, Thailand. (ANTARA/HO/AFF-FAT)

KlikBabel.com - Timnas Futsal Indonesia berhasil menyabet jadi runner-up di Piala AFF Futsal 2022. Sayangnya, Kemenpora tak memberangkatkan cabang olahraga (cabor) futsal ke SEA Games 2021.

Timnas Futsal Indonesia sukses menembus final Piala AFF Futsal 2022. Anak asuh Mohammad Hashemzadeh menghadapi Thailand di laga puncak pada Minggu (10/4/2022).

Evan Soumilena dkk menjadi pesaing berat Thailand yang memang dominan dalam futsal. Pada laga final, skuad Garuda sempat unggul 2-0.

Akan tetapi, Thailand mampu menyamakan kedudukan, meski waktu tersisa hanya satu menit. Laga sempat dilanjutkan ke babak tambahan waktu, tapi skor masih tak berubah 2-2.

Alhasil pemenang ditentukan lewat adu penalti. Sayang sekali ketika adu penalti, timnas Futsal Indonesia harus menyerah dengan skor 3-5, dan Thailand melanjutkan dominasinya jadi juara.

Nah, ternyata meski berhasil tembus final dan jadi runner-up, timnas Futsal Indonesia tak diberangkatkan ke SEA Games 2021 yang akan berlangsung di Vietnam Mei mendatang.

Kabar ini diketahui dari situs kemenpora.go.id. Dari laporannya tersebut, Ketua tim review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Prof. Dr. Moch. Asmawi menyebut ada 14 cabor yang tak diberangkatkan.

Menurutya, keputusan tersebut merupakan hasil review dari tim yang terdiri dari para akademisi dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dan sejumlah perguruan tinggi lainnya, praktisi olahraga, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

Dari 14 cabor yang tidak dikirim ke SEA Games 2021, ini salah satunya adalah futsal. menurutnya cabor yang tidak dikirim ini karena hasil review tak memiliki potensi prestasi atau medali.

“Kita tidak berangkatkan karena tidak mempunyai jejak prestasi dan tidak berpeluang meraih medali pada SEA Games 2021 yang akan datang. Itu adalah pesan dari pemerintah yang tidak bisa ditawar, kenapa karena hulunya adalah olimpiade,” ucapnya.

Selain futsal, cabor lain yang tidak diberangkatkan ke SEA Games tersebut adalah, Bola Tangan Indoor, Bola Tangan Pantai, Dansa, Petanque, Kurash, Biliar, Tenis Meja, Muaythai, Xiangqi, Loncat Indah, Senam Ritmik, Senam Aerobik, Binaraga dan Sepak Bola Putri.



Penulis  : -
Editor    : Retty Risdiyanti, S.Kom
Sumber : Suara.com