• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish
   


Loading...
Loading...
Loading...

Diminta Bertaubat, Aksi Pawang Hujan Mbak Rara Bikin Indonesia Makin Mendunia

Senin, 21 Maret 2022 | 11:33 WIB
Seorang wanita melakukan ritual tradisional agar cuaca cerah saat sesi latihan MotoGP Mnadalika 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022). [SONNY TUMBELAKA / AFP]

KlikBabel.com - Gegap gempita aksi pembalap dunia yang berlaga di MotoGP Mandalika 2022 baru saja selesai. Migel Oliveira sukses merajai balapan pertama MotoGP di sirkuit Indonesia.

Namun, kemenangan ini terasa 'redup' oleh sosok pawang hujan yang justru trending di media sosial. Tak hanya media asing, jagat medsos dibanjiri status hingga cuitan soal pawang hujan yang turut beraksi di hajatan MotoGP Mandalika.

Adalah Rara Istiani Wulandari, sosok perempuan ini tengah menjadi bahasan hingga mendunia karena aksinya mencoba meredakan hujan lebat disertai angin dan petir setengah jam sebelum jadwal balapan MotoGP Mandalika dimulai.

Sosok pawang hujan Rara memang menyedot perhatian sejumlah media nasional beberapa jam sebelum gelaran MotoGP dimulai. Dia disebut-sebut mendapatkan bayaran fantastis untuk menjaga lintasan tetap 'aman' dari hujan.

Gelaran MotoGP mandalika diawali dengan balapan kelas Moto3 yang dimulai pukul 11.00 WIB, cuaca di sekitar Sirkuit Mandalika pun tampak cerah. Begitu juga saat balapan Moto2 sesaat setelahnya.

Namun sekitar pukul 13.30 WIB, atau setengah jam sebelum ajang balapan MotoGP dimulai pukul 14.00 WIB, hujan tiba-tiba mengguyur dengan derasnya. Bahkan tampak kilatan petir menyambar salah satu sisi lintasan balap.

Sorotan layar televisi lantas tertuju kepada sekorang perempuan yang awalnya menggunakan topi helm tiba-tiba turun. Ia sesekali seperti menaburkan sesuatu ke udara. Tangannya menunjuk ke atas dengan sebuah benda seperti tongkat kecil di tangan.

Ia juga tampak memegang sebuah benda mirip mangkuk kecil yang sesekali dipukul menggunakan tongkat kecil yang dipegangnya. Para penonton pun berdiri, bersorak seperti memberikan semangat.

Beberapa pembalap yang melihat aksinya di layar kaca tampak serius melihatnya. Beberapa seperti mengikuti gerakan sang pawang hujan saat beraksi. Salah satunya adalah pembalap Yamaha Fabio Quartararo.

Menggunakan sebuah gelas, Quartararo, sembari tertawa tampak mengikuti gerakan pawang hujan. Sayang, mangkuk yang dipegangnya malah terjatuh.

Diminta Bertaubat

Banyak yang memuji aksi wanita yang dikenal sebagai Mbak Rara ini. Namun, ada pula yang menghujatnya karena aksinya dianggap memalukan.

Aksi Rara pawang hujan MotoGP Mandalika 2022 itu menjadi perbincangan di kalangan warganet hingga menjadi trending topic di Twitter.

Bahkan, aksinya juga disorot pihak MotoGP melalui cuitannya pada Minggu (20/3/2022) sebelum balapan berlangsung.

Sayangnya, aksi Rara mengusir hujan keliling Sirkuit Mandalika hingga ditonton para pembalap MotoGP itu menuai pro dan kontra.

Sontak, hal itu membuat kata "memalukan" masuk dalam trending topic Twitter secara bersamaan. Sementara itu, kata "IT WORKED" juga menjadi trending topic usai cuitan MotoGP.

Di negeri sendiri, aksi Rara mengusir dan mencegah hujan di Sirkuit Mandalika itu dianggap memalukan dan musyrik. Bahkan, banyak warganet yang menyuruhnya bertaubat.

"Diharapkan bisa mengharumkan NAMA INDONESIA Eh justru endingnya MEMALUKAN jadi bahan ledekan," cuit salah seorang warganet.

"Tadinya pengen dukung perhelatan Motogp, berhubung ada konten klenik kayak gini jadi malu sendiri," tulis warganet sembari mengunggah video pawang hujan yang beraksi di sirkuit.

"Sedang menunjukkan atraksi kebodohan kepada dunia. Memalukan! Syirik!," tulis akun Twitter lain.

Dipuji Media Asing

Meski dicibir di negeri sendiri, nyatanya aksi pawang hujan Rara justru dipuji media asing. Bahkan Twitter MotoGP menyebut upaya Rara meredakan hujan berhasil.

Melalui akun Twitter, media Inggris BT Sport memuji Mbak Rara berkeliling Sirkuit Mandalika untuk menghalau hujan.

"Kami sangat membutuhkannya. Terima kasih #IndonesiaGP," cuit akun @btsportmotogp pada Minggu (20/3/2022).

Sementara warganet lainnya juga memuji aksi Mbak Rara sebagai hal yang unik.



Penulis  : -
Editor    : Retty Risdiyanti, S.Kom
Sumber : Suara.com