• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish
   


Loading...
Loading...
Loading...

WIN Academy Launching di Bumi Laskar Pelangi

Jumat, 18 Maret 2022 | 18:06 WIB
WIN Academy yang menjadi program andalan Womenpreneurs Indonesia Networks (WIN) resmi berdiri di Bumi Laskar Pelangi, Belitung, usai di-launching secara langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati atau Bintang Puspayoga, di Pendopo Pantai Tanjung Kelayang, Kamis (17/3/2022).

KlikBabel.com - WIN Academy yang menjadi program andalan Womenpreneurs Indonesia Networks (WIN) resmi berdiri di Bumi Laskar Pelangi, Belitung, usai di-launching secara langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati atau Bintang Puspayoga, di Pendopo Pantai Tanjung Kelayang, Kamis (17/3/2022).

Chairwomen Womenpreneurs Indonesia Networks Diah Yusuf menyebutkan, WIN yang telah berdiri sejak Januari 2022, merupakan platform pemberdayaan dan jaringan kewirausahaan perempuan Indonesia, dengan menciptakan kesadaran womenpreneur Indonesia melalui pendidikan dan inspirasi kewirausahaan.

Perempuan, kata Diah, bisa melakukan serangkaian aksi dan siap bertransformasi menjadi womenpreneur Indonesia yang tangguh, didukung dengan kesehatan mentalitas dan fisik yang baik, serta dalam lingkungan keluarga yang harmonis.

"Dengan begitu diharapkan mereka siap bertransformasi menjadi perempuan pengusaha Indonesia yang tangguh dan terpercaya," ujarnya.

Womenpreneurs Indonesia Networks tidak sendiri. Dalam upaya memberdayakan perempuan Indonesia, khususnya di Belitung, diakui Diah, dirinya berkolaborasi dengan Melati Erzaldi melalui Sekuntum Melati (Sekolah Untuk Perempuan Jadi Mandiri dan Terlatih). Kehadiran serta kolaborasi antara WIN Academy dan Sekuntum Melati diharapkan dapat menciptakan pemberdayaan perempuan dalam segala aspek kehidupannya.

Apa alasan dipilihnya Belitung sebagai lokasi launching Womenpreneurs Indonesia Networks?

Ia mengutip dari penggalan lirik soundtrack Film Laskar Pelangi "mimpi adalah kunci". Dari situ, ia ingin mengajak perempuan di Pulau Belitung untuk mengembangkan bakat entrepreneurnya. Untuk itu, melalui WIN Academy dan Sekuntum Melati mereka akan mewujudkan impian perempuan Belitung dan Belitung Timur dapat berkontribusi terhadap pembangunan daerah.

Apalagi, Belitung memiliki banyak potensi yang dapat diberdayakan,  terutama di sektor pariwisata. Perempuan Belitung dan Belitung Timur, katanya, harus mampu melihat peluang tersebut. Salah satunya yakni dengan memaksimalkan produk-produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Mengapa kami pilih Kepulauan Bangka Belitung sebagai lokasi launching? Semangat Bumi Laskar Pelangi yang menginspirasi kita semua, bahwa mimpi adalah kunci bagi kita untuk menaklukkan dunia, WIN tidak akan berhenti mewarnai jutaan mimpi di bumi dengan penuh cinta," ujar Diah.

Bak gayung bersambut, keinginan WIN dan Sekuntum Melati untuk memberdayakan perempuan, mendapat respon luar biasa. Bahkan, diakui Melati Erzaldi, hadirnya mereka karena tuntutan dari perempuan Belitung dan Belitung Timur itu sendiri.

"Melihat kepada keinginan kaum perempuan serta nilai   manfaat yang dirasakan terutama dalam pemberdayaan ekonomi keluarga, maka fakta ini cukup menjadi dasar bahwa Sekuntum Melati layak untuk dikembangkan  di seluruh kabuapten/kota di Provinsi Bangka Belitung," ujarnya.

Selain melaunching WIN Academy, juga dilakukan Workshop Wirausaha Perempuan di Era Digital selama dua hari 16-17 Maret 2022 yang diselenggarakan sekaligus dalam rangkaian memperingati Hari Perempuan Internasional 2022, bertempat di Pandan House Belitung, dengan diikuti oleh 45 womenpreneurs yang terpilih.



Penulis  : Mrs.Amanda
Editor    : Retty Risdiyanti, S.Kom
Sumber : KlikBabel.com