• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish
   


Loading...
Loading...
Loading...

Gubernur Erzaldi Resmikan Tambatan Perahu Hasil Gotong Royong Masyarakat Desa Bantan

Rabu, 16 Maret 2022 | 21:53 WIB
Erzaldi Rosman dan didampingi Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Babel dan Kepala Desa Bantan

KlikBabel.com - Warga masyarakat Desa Bantan, Kabupaten Belitung secara gotong royong membangun tambatan perahu di Sungai Berangan. Tambatan perahu yang juga berfungsi sebagai jembatan itu sangat bernilai ekonomi tinggi untuk aksebilitas dan mobilisasi masyarakat sekitar, khususnya para nelayan.

Dalam Peresmian Tambatan Perahu Sungai Berangan itu turut dihadiri langsung oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman dan didampingi  Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Babel dan Kepala Desa Bantan. Bagi orang nomor satu di Bumi Serumpun Sebalai itu, semangat gotong royong masyarakat Desa Bantan dalam pembangungan itu, akan dapat membawa mereka memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi.

"Kedepannya, jembatan sekaligus dermaga ini dipergunakan serta dipelihara bersama oleh masyarakat Desa Bantan," ungkapnya saat memberi sambutan dalam peresmian tersebut di Sungai Berangan Dusun Ilir, Desa Bantan, Kabupaten Belitung, Rabu (16/03/2022).

Suatu keberkahan bagi Gubernur Erzaldi, karena pada akhirnya jembatan sekaligus dermaga ini dapat diresmikan. Dikatakannya bahwa pada tahun lalu, dalam rangka Hari Kesetiakawanan Sosial (HKSN), Ia juga hadir ke Desa Bantan untuk menanam mangrove.

"Masyarakat bukan hanya mengharapkan penanaman mangrove, tetapi juga pembangunan jembatan yang dapat difungsikan sekaligus untuk dermaga bagi para nelayan," ungkapnya.

Selain gotong royong masyarakat Desa Bantan, AMCF (Asia Muslim Charity Foundation) juga turut membantu penyelesaian pembangunan dengan membangun fasilitas untuk masyarakat nelayan, khususnya yang berdomisili di sekitar Sungai Berangan.

"Saya cukup terkejut, dengan biaya Rp 167 juta, jembatan sepanjang 230 meter ini dapat dibangun, karena memang dibangun dengan semangat gotong royong masyarakat," pujinya sembari menjelaskan bahwa jika dibangun tanpa bergotong royong, biaya yang dikeluarkan bisa mencapai Rp 1,5 milyar.

Apresiasi tidak hanya disampaikan Gubernur Erzaldi kepada perangkat dan masyarakat desa, tetapi juga pihak AMCF, yang merupakan yayasan sosial bergerak dan berperan aktif membantu masyarakat khususnya dalam momen HKSN pada tiap tahunnya.

Disamping itu ia berpesan agar tambatan perahu itu harus dijaga bersama oleh seluruh masyarakat. Selain itu, dirinya berpesan kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat untuk mengelola ini menjadi salah satu destinasi wisata karena panoramanya yang indah berhias tanaman mangrove.

"Terima kasih sangat mendalam atas perhatian AMCF, dan saya mengundang kiranya nanti dapat membuat cabang atau kantor perwakilan di Babel. Harapannya bantuan ini bukan hanya bantuan satu kali tetapi dengan mendirikan perwakilan, agar lebih mudah berkoordinasi dan berkonsolidasi," ungkapnya.

Pimpinan ACMF Ahmad Faisal Siregar mengatakan momen HKSN walaupun sangat singkat, namun menghasilkan kesepakatan bersama untuk melaksanakan program sosial membangun dermaga.

"Alhamdulillah dalam waktu tiga bulan, cita-cita dan harapan kita bersama, pembangunan selesai," ungkapnya.

Disampaikan kepada Gubernur Erzaldi, pihaknya memiliki program kemanusiaan yang bermitra dengan Kementerian Sosial RI dengan melakukan berbagai kegiatan termasuk membangun tambatan ini. Dukungan penuh masyarakat juga menjadi apresiasi tinggi karena tiap jengkal jembatan ini dibangun dengan jerih payah dan keringat masyarakat dibawah pimpinan Kepala Desa Bantan.

"Kami tidak khawatir kedepan apakah jembatan akan dirawat atau tidak, karena jembatan dibangun masyarakat. Dengan struktur bangunan sepanjang ini, adalah model pertama di Indonesia dan akan menjadi percontohan yang dapat kami terapkan ditempat lain," ungkapnya bersyukur.



Penulis  : Gama
Editor    : Retty Risdiyanti, S.Kom
Sumber : KlikBabel.com