• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish
   


Loading...
Loading...
Loading...

Tebarkan Pendidikan Keluarga Melalui Podcast4U

Jumat, 04 Februari 2022 | 20:37 WIB
Bunda Forum Anak Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi kembali memberikan inspirasi melalui Podcast4U, Let's Speak Up di SMA Negeri 1 Manggar, Jumat (4/2/2022).

KlikBabel.com - Usai menjadi pembicara pada acara Grand Final Honda OSIS Challenge se-Pulau Belitung, Bunda Forum Anak Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi kembali memberikan inspirasi melalui Podcast4U, Let's Speak Up di SMA Negeri 1 Manggar, Jumat (4/2/2022). 

Banyaknya keluhan anak yang tidak mampu speak up kepada orang tua menjadi masalah yang dianggap sepele. Padahal jika dibiarkan, anak berpotensi tumbuh menjadi anak pendiam, penakut, dan tidak berani mengambil keputusan. Akibatnya, ketika anak tersebut menghadapi suatu masalah, dirinya akan memilih diam, membiarkan masalah tersebut dan bukan menyelesaikannya. 

"Harapan saya keluarga harus paham dengan kehadiran anak, bahwa anak ini tumbuh dan berkembang menjadi penerus kita, pemimpin masa depan. Hal ini perlu dilatih sejak dini. Anak juga harus mampu speak up. Orang tua juga harus paham betapa suara anak juga diperlukan," ungkap Bunda Melati. 

Dirinya menambahkan, bahwa orang tua harus memberikan wadah dan ruang untuk anak. Anak ketika diberikan kesempatan berbicara bisa saja memberikan saran yang bahkan tidak terpikirkan oleh orang dewasa. 

"Ketika masih menjadi Bupati, Pak Erzaldi pernah melibatkan forum anak untuk musrenbangdes, dan hasilnya cukup membuat saya kagum dengan anak-anak. Mempunyai keberanian dan intelektual untuk menyampaikan pendapatnya dan ini berkesan buat saya," ungkapnya. 

Tidak hanya membahas mengenai permasalahan keluarga, Bunda Melati juga ditanyakan oleh pembawa acara Sarah (Siswi SMA Negeri 1 Manggar) seputar kiat-kiat bagi anak untuk menghadapi sekolah pertemuan tatap muka. Hal ini bagi sebagian anak menjadi masalah pula. 

"Dalam kasus ini, anak-anak ini harus kita tanya dulu apa kendalanya, hal apa yang membuat dirinya sulit untuk bersosialisasi. Atau dia malu? Takut salah? Khawatir tertular virus mungkin. Setelah tahu alasannya, kita bisa bantu untuk 'sembuh' sesuai masalahnya. Anak-anak ini bisa kembali memunculkan semangatnya dengan berbagai cara, bisa dengan ngobrol sama orang yang dipercaya, membaca buku yang menginspirasi. Sehingga muncul semangat untuk menjalani hari," jelasnya. 

Bunda Melati menjadi motivator kedua yang diundang untuk Podcast4U, siaran yang dipelopori oleh guru dan murid di SMA Negeri 1 Manggar ini mulai berjalan sejak 2020 lalu. Dirinya mengaku senang dengan inovasi ini dan bangga dengan keberanian siswa/siswi dalam mendirikan podcast.

"Semoga podcast ini bisa bermanfaat untuk yang menonton dan mendengarkan, dan juga semoga bisa memotivasi sekolah lain untuk membuat kegiatan yang sama," pungkas Bunda Melati. 



Penulis  : Mrs.Amanda
Editor    : Leandri
Sumber : KlikBabel.com