• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com



Loading...
Loading...
Loading...

Kasus Covid-19 Varian Omicron Masuk Jabar, Ganjil Genap Kembali Diterapkan di Kota Bogor

Sabtu, 15 Januari 2022 | 10:01 WIB
Anggota Pramuka dikerahkan dalam pengawasan sistem ganjil genap di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (4/9/2021). [ANTARA/M Fikri Setiawan]
Loading...
Loading...

KlikBabel.com - Pemerintah Kota Bogor kembali memberlakukan aturan ganjil genap setiap akhir pekan. Hal itu disebabkan, munculnya virus Covid-19 varian Omicron di wilayah Jawa Barat.

Bahkan, saat ini kasus tersebut sudah masuk wilayah Kabupaten Bogor.

"Dengan adanya Covid-19 varian Omicron maka kami akan mempertimbangkan untuk melakukan kembali ganjil-genap pada weekend," kata Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, belum lama ini.

Meski kebijakan ganjil genap bakal kembali diberlakukan di Kota Bogor di setiap akhir pekan, namun sifat penerapan kebijakan tersebut masih situasional.

"Kami akan lihat kondisi di lapangan dahulu. Kalau padat kami akan langsung berlakukan ganjil-genap kembali, agar masyarakat sadar kita semuanya harus tetap waspada," tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membeberkan soal sebaran kasus positif Covid-19 varian Omicron, yang sudah masuk ke wilayah Jawa Barat dalam kurun waktu beberapa pekan terakhir.

Berdasarkan data yang ada pada pihaknya, setidaknya ada 14 kasus positif Covid-19 varian Omicron yang sudah terjadi di Jawa Barat. Di mana 10 kasus diantaranya berhasil terdeteksi di bandara. Sementara 4 kasus lainnya berasal dari Kabupaten Bandung

"Data yang masuk ke kami, total ada 14 kasus positif Covid-19 varian Omicron yang sudah terdeteksi masuk ke Jawa Barat. Di mana 10 di antaranya berhasil diisolasi saat tiba di bandara, sementara 4 lainnya ada di Kabupaten Bandung," ungkapnya.

Selain di Jawa Barat, kasus Covid-19 Varian Omicron sudah masuk ke wilayah Kabupaten Bogor. Kabar tersebut dibenarkan oleh Komandan Korem 061 Suryakencana Brigjen TNI Achmad Fauzi.

Komandan Korem 061 Suryakencana Brigjen TNI Achmad Fauzi mengatakan, satu orang warga Kabupaten Bogor tersebut ialah warga Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor.

"Ada satu warga Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor yang terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron," ungkapnya.

Atas temuan satu kasus positif Covid-19 varian Omicron itu, pihaknya langsung melakukan tracing terhadap 10 orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien.

"Alhamdulillah 10 yang kontak erat dengan pasien sudah kami tes, dan hasilnya negatif," ujarnya.

Dengan adanya temuan tersebut, pihaknya akan fokus mengantisipasi agar tidak ada penyebaran omicron khususnya di Bogor. Terutama terkait aktivitas perjalanan dari dan ke luar negeri bekerjasama dengan imigrasi dan instansi terkait lainnya.

"Yang jelas ini jadi fokus kita semuanya, TNI, Polri termasuk Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor bagaimana kita melakukan upaya pencegahan untuk menekan virus omicron ini masuk ke wilayah kita," tutupnya.

Loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com