• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Cara Lapor Kecurangan SPBU via Telepon dan Email

Rabu, 24 November 2021 | 15:21 WIB
Cara Lapor Kecurangan SPBU via Telepon dan Email - SPBU di Jalan Trans Lembata [Suara.com/Muhamad Yasir]

KlikBabel.com - Mayarakat yang menemukan kecurangan di SPBU (Pengisian Bahan Bakar Umum), PT Pertamina (Persero) memberikan himbauan agar segera melaporkannya. Lantas, bagaimana cara lapor kecurangan SPBU? Begini penjelasannya

untuk memantau Operasional SPBU, Pertamina mencoba meminta partisipasi dari masyarakat untuk turut memantaunya. Pasalnya, masyarakat adalah pihak paling sadar apabila terjadi kecurangan pada takaran BBM.

Untuk mengatasi kecurangan atau pelanggaran di SPBU, Pertamina membuka layanan pengaduan bagi masyarakat yang ingin melaporkan. Nantinya, laporan yang masuk tersebut akan langsung ditindaklanjuti oleh konsultan independen.

Adapun kebijakan tersebut diberlakukan, agar BUMN migas lebih transparan dan bersih. Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara lapor kecurangan SPBU yang penting untuk diketahui.

Berikut Cara Lapor Kecurangan SPBU

Fajriyah Usman selaku Vice President Corporate Communication Pertamina menyampaikan bahwa layanan pengaduan tersebut untuk melaporkan kecurangan, korupsi, suap, pencurian, konflik kepentingan, penyimpangan laporan keuangan, pelanggaran hukum, dan pelanggaran aturan perusahaan. 

Dengan adanya layanan pengaduan ini, masyarakat yang melihat kecurangan atau pelanggaran di SPBU bisa langsung melapornya agar bisa segera dievaluasi. Adapun cara lapor kecurangan tersebut yaitu sebagai berikut

  1. Memenuhi unsur 5W+1H (What, Who, When, Where, Why,ndan How).
  2. Melaporkan melalui saluran telepon di nomor (021) 3815909 / 3815910 / 3815911.

Selain nomor telepon di atas, masyarakat juga bisa melaporkan melalui SMS dan WhatsApp di nomor +628118615000. Atau bisa juga melaluo FAX (021) 3815912 dan email ke pertaminaclean@tipoffs.com.sg.

Pertamina juga menyediakan layanan pengaduan melalui website https://pertaminaclean.tipoffs.info serta Mail Box ke Pertamina Clean PO Box 2600 JKP 10026.

Fajriyah menambahkan, layanan pengaduan tersebut berguna juga untuk memberikan kritik dan saran untuk Pertamina yang lebih baik dan terpercaya. Pertamina juga menjamin akan melindungi data pelapor dan melindungi dari berbagai bentuk ancaman, intimidasi atau tindakan tak menyenangkan lainnya

Dengan informasi mengenai cara lopor kecurangan SPBU yang penting untuk diketahui. Semoga bermanfaat.

loading...


Penulis  : -
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com