• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ini Cara Sederhana Untuk Mengatasi Stres

Selasa, 23 November 2021 | 08:37 WIB
Ilustrasi stres (freepik.com) / senivpetro

KlikBabel.com - Stres merupakan kondisi yang sering dialami oleh semua orang, terutama kalangan orang dewasa. Kondisi itu bisa dipicu karena beberapa situasi seperti ancaman, tekanan atau suatu perubahan yang terjadi.

Meskipun tidak selalu membawa dampak buruk, stres tidak ditangani dengan segera mungkin akan berpengaruh terhadap kesehatan mental seseorang.

Dilansir dari news18.com, kamu dapat mengatasi stres dengan melakukan beberapa cara dibawah ini:

1. Berceritalah kepada orang lain

Meminta pertolongan kepada orang lain bukanlah sesuatu yang memalukan. Hal tersebut dapat membantu menyelamatkan hidup orang lain. Pada saat kamu sedang kesulitan, kamu bisa mengekspresikan perasaanmu kepada temanmu, keluarga atau seseorang yang kamu rasa bisa kamu percayai. Jangan takut untuk bercerita, kamu bisa meminta saran atau pertolongan yang mungkin bisa berguna untukmu.

2. Makan, tidur dan olahragalah secara teratur

Begadang setiap malam, pola makan yang tidak teratur dan kurang melakukan aktivitas dapat membuat tingkat kecemasan atau anxietymu semakin jauh. Gantilah kegiatan sehari-harimu menjadi lebih produktif dan teratur. Pastikan bahwa kamu tidur selama 8 atau 9 jam setiap malam, pastikan bahwa terdapat asupan karbohidrat ke dalam tubuhmu, kurangilah konsumsi kopi dan perbanyaklah minum air. Pastikan dirimu untuk melakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari untuk mengoptimalkan kerja tubuhmu.

3. Tetap Tarik Nafas Dalam

Biasakanlah untuk mengatur beberapa menit setiap hari untuk melakukan mindfulness methods, yang dapat melatih pernapasanmu atau pikiran UCL 10 menit. Hal ini akan sedikit membantu reaksi dari tubuhmu yang stres dan mengembalikan fokusmu ke situasi saat ini. Sebagai Hasilnya, kamu akan memiliki lebih banyak waktu yang objektif untuk mengatasi ketakutanmu dan akan mampu menangani beberapa test dan memulai revisi untuk lebih produktif.

4. Bermainlah bersama peliharaan atau memencet bubble wrap

Bermain bersama peliharaan kesayangan merupakan cara terbaik dalam menghilangkan stresmu. Peliharaan juga akan menunjukan kepadamu cara untuk membantu fokus terhadap pelajaran. Namun, bukan berarti kamu boleh membawa peliharaan ke dalam perpustakaan ya. Hal lain yang dapat membantumu menghilangkan stres adalah memencet bubble wrap di rumah.

5. Berikanlah pikiranmu waktu dan ruang

Meditasi merupakan cara terbaik yang paling efektif dalam bersantai dan mengartikan stres yang kamu rasakan. Meditasi juga salah satu cara yang dilakukan untuk memfokuskan perhatian sekaligus meningkatkan kesehatan mental maupun fisikmu serta mengurangi stres.

loading...


Penulis  : -
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com