• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Deteksi Dini Demensia, Kenali Gejala Awal yang Sering Muncul Berikut

Kamis, 18 November 2021 | 07:23 WIB
Ilustrasi Pria Mengidap Demensia (Pexels/Harun Tan)

KlikBabel.com - Seiring bertambahnya usia, demensia dapat menyerang. Demensia adalah gangguan otak progresif yang dapat memengaruhi kognisi dan kemampuan seseorang untuk hidup mandiri.

Deteksi dini demensia sangat penting, agar perkembangan penyakit ini dapat diperlambat. Dilansir dari Eat This, berikut tanda potensial demensia yang perlu diketahui semua orang.

1. Kerap lupa atau hilang ingatan

Seseorang dengan demensia kemungkinan besar akan mengalami hilang ingatan sebagai gejala awal. Ini mungkin melibatkan kejadian baru-baru ini, informasi yang baru dipelajari seperti nama dan tempat, atau di mana mereka meninggalkan objek tertentu.

Setiap orang terkadang lupa di mana mereka menaruh kunci atau ponsel, tetapi penderita demensia mungkin mengalami kesulitan menelusuri kembali langkah mereka untuk menemukan barang yang hilang.

2. Sulit berkomunikasi

Tanda awal demensia yang umum adalah gangguan kemampuan berkomunikasi, kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat. Orang yang terkena mungkin kesulitan menemukan kata yang tepat atau menyelesaikan kalimat.

Mereka mungkin menggunakan pengganti atau membicarakan kata-kata yang tidak dapat mereka ingat.

3. Bermasalah dengan rutinitas

Seseorang dengan demensia mungkin mulai mengalami kesulitan dengan membaca, menulis atau tugas yang agak kompleks seperti mengikuti petunjuk atau membuat perhitungan. Penderita demensia juga mungkin mengalami kesulitan fokus pada tugas atau merasa sulit untuk mengikuti arahan atau percakapan.

Penderita demensia juga sangat mungkin mengalami kesulitan menangani kejadian tak terduga atau perubahan rutinitas.

4. Mudah tersesat

Seseorang dengan demensia mungkin tersesat di tempat-tempat yang sebelumnya pernah mereka kunjungi, seperti di area tempat tinggal sendiri atau di rute yang sering dilalui. Mereka mungkin lupa bagaimana mereka sampai di sana dan bagaimana kembali ke rumah.

5. Masalah motorik

Demensia dapat menyebabkan orang yang terkena mengalami kesulitan berjalan atau mempertahankan koordinasi atau keterampilan motorik. Mereka mungkin mengalami kesulitan untuk tetap seimbang saat berjalan, tersandung barang-barang di rumah, atau lebih sering menjatuhkan atau menumpahkan barang.

6. Suasana Hati mudah berubah

Perubahan kepribadian atau suasana hati merupakan gejala awal demensia yang sering diabaikan. Seseorang dengan penurunan kognitif dini mungkin menghabiskan lebih sedikit waktu dengan orang lain dan mulai mengasingkan diri.

Mereka mungkin menjadi apatis, kehilangan minat pada kegiatan yang sebelumnya mereka nikmati. Anggota keluarga mungkin salah menafsirkan perubahan ini sebagai depresi, kecemasan, atau stres.

loading...


Penulis  : -
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com