• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com



Loading...
Loading...
Loading...

Turunkan Berat Badan Saat Sedang Tidur, Bagaimana Caranya?

Sabtu, 13 November 2021 | 08:25 WIB
Ilustrasi tidur. (Pixabay)

KlikBabel.com - Untuk menurunkan berat badan, kebanyakan di antara kita akan mati–matian berolahraga atau berdiet. Tapi, sedikit yang tahu bahwa waktu tidur dapat dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan.

Ya, pencahayaan yang tepat di kamar tidur, jenis olahraga yang tepat sebelum waktu tidur, dan bahkan pakaian yang kamu pakai saat tidur — semua hal ini dapat membantumu melawan kelebihan berat badan.

Mau coba? Simak caranya di bawah ini, seperti dilansir dari Bright Side.

1. Tidur Tanpa Pakaian
Tidur tanpa pakaian memiliki beberapa manfaat kesehatan, dan salah satunya adalah membantu menurunkan berat badan. Para peneliti menemukan fakta bahwa menjaga suhu tubuh lebih dingin saat tidur membuat metabolisme tubuh jadi lebih cepat, karena tubuh akan menghasilkan lebih banyak lemak coklat untuk membuatnya tetap hangat.

Lemak coklat menghasilkan panas saat membakar kalori, dan ini mempercepat metabolisme tubuhmu di siang hari, yang dapat membantu menurunkan berat badan. Tidur tanpa pakaian juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, dan baik untuk kesehatan jantung.

2. Jadwal Tidur Teratur
Jadwal tidur yang teratur dapat membantu menurunkan berat badan. Tidur yang cukup dibutuhkan untuk kinerja hormon dan kekebalan tubuh yang normal. Sebaliknya, kurang tidur justru dapat menyebabkan berat badan bertambah. Sebaiknya, tidurlah 7 hingga 9 jam untuk orang dewasa.

3. Olahraga yang Tepat
Olahraga akan membantumu membakar kalori pada saat tidur sekalipun. Lakukanlah olahraga setiap hari, terutama olahraga angkat beban, jika kamu sulit tidur pada malam hari. Berolahraga akan membantumu tidur nyenyak pada malam hari.

4. Tidur dengan Suasana Sejuk dan Minim Cahaya
Menurut penelitian, mereka yang mengatur suhu kamar tidurnya menjadi 18 derajat Celcius selama satu bulan akan meningkatkan jumlah kalori yang dibakar oleh lemak cokelat sebesar 42%, serta meningkatkan metabolisme tubuh sebesar 10%.

Kamu juga bisa mematikan lampu pada saat tidur yang dapat membantu menurunkan kadar melatonin, karena lampu yang terang dapat berdampak bagi metabolisme sirkadian dan akan menambah berat badanmu. Jangan lupa matikan TV, telepon, dan lampu di sekitarmu.

5. Makan Teratur
Menurut ahli gizi, waktu makan serta tidur yang teratur dapat mempengaruhi ritme sirkadian atau jam internal yang dimiliki oleh setiap individu. Itu sebabnya, mengatur jam makan sangatlah penting jika kamu berencana menurunkan berat badan saat tidur.



Penulis  : -
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com