• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pemkot Pangkalpinang Dan KPA Berikan Edukasi HIV/AIDS

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 17:34 WIB
Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Pangkalpinang, Syahrial bersana Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Pangkalpinang memberikan edukasi HIV/AIDS kepada kelompok transpuan, Jumat (29/10/2021) di Sekretariat KPA.

KlikBabel.com – Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Pangkalpinang, Syahrial bersama Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Pangkalpinang memberikan edukasi HIV/AIDS kepada kelompok transpuan, Jumat (29/10/2021) di Sekretariat KPA.

“Dalam perkembangan ketatanegaraan, tujuan negara ini untuk membentuk suatu masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur. Memang kata adil dan sejahtera ini masih jauh dalam kehidupan kita. Pemerintahan daerah tentunya ingin menjalankan kesejahteraan kepada daerah Pangkalpinang, dibentuklah daerah otonomi berdasarkan asas desentralisasi, asas dekonsentrasi, serta asas pembantuan,” Syahrial memulai sambutannya.

“Dengan adanya dinas kesehatan tadi dibentuk lah Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Pangkalpinang. KPA berada dibawah naungan dinas kesehatan. Kesehatan merupakan hak asasi manusia yang memang tujuannya memberikan kesehatan kepada masyarakat dalam bentuk pengobatan, penyembuhan dan bentuk-bentuk lainnya,” lanjutnya.

Syahrial menambahkan supervisi dilakukan untuk mengetahui seberapa banyak jumlah kelompok-kelompok tadi agar dapat dibina. Tujuan dari pembinaan ini adalah memberikan edukasi terhadap penyebaran penyakit HIV/AIDS sehingga bisa diminimalisir. Harapannya kedepan, pemerintah dapat membantu subsidi obat dan dia mengajak kelompok tersebut harus optimis bahwa tetap sembuh dari penyakit yang diderita.

Sementara itu, Pengelola Program HIV/AIDS KPA Pangkalpinang Syahru Siam mengatakan, pihaknyaa berupaya memberdayakan mereka yang termasuk kelompok orang yang berisiko tinggi terinfeksi HIV/AIDS bisa teratasi. Adanya program pre-zero guna tidak ada lagi penyakit baru HIV, tidak ada lagi diskriminasi pada pasien HIV, serta tidak ada lagi kematian terhadap AIDS. Program nasional pusat pada tahun 2030, berakhir HIV/AIDS terkendala Covid-19 tetap berjalan sampai berakhirnya penyakit HIV/AIDS. Bangka Belitung sendiri terkonsentrasi objeknya HIV/AIDS bagi wilayah Pangkalpinang.

“Alhamdulillah pendapatan dari empat tahun kebelakangan ini, mulai dari tahun 2016 dibantu Pemerintah Kota Pangkalpinang dalam mengupayakan penurunan angka kesakitan objek HIV/AIDS. Jadi, kelompok transpuan ini sebagai relawan yang memberikan edukasi pada teman sebaya agar bisa berobat dan menjaga imun jangan sampai HIV. Ada juga teman-teman kelompok rukun sebaya yang tugasnya memperdayakan temannya untuk selalu minum obat, jangan sampai putus obat. Kebanyakan permasalahan di Kota Pangkalpinang yang kita temui di lapangan banyak yang putus obat,” ujar pria yang akrab disapa Yossie tersebut.

 

loading...


Penulis  : Mrs.Amanda
Editor    : septiani
Sumber : KlikBabel.com