• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Cegah Infeksi Demam Berdarah, Cobalah Lakukan Langkah Perlindungan Ini!

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 13:27 WIB
Ilustrasi nyamuk demam berdarah (Freepik/jcomp)

KlikBabel.com - Demam berdarah adalah penyakit menular yang biasanya muncul dan meningkat selama musim dingin. Penyakit ini disebabkan oleh virus dengue yang berasal dari gigitan nyamuk aedes aegypti.

Sayangnya dilansir dari Times of India, kita sulit membedakan gigitan nyamuk biasa dan gigitan nyamuk yang bisa menyebabkan demam berdarah. Karena itu, Anda perlu mengenali gejala infeksi demam berdarah.

Nyamuk demam berdarah juga cenderung paling aktif di siang hari. Tapi, risiko infeksinya paling mungkin terjadi pada pagi dan sore hari. Menurut Penelitian, nyamuk paling aktif di siang hari, sekitar 2 jam setelah matahari terbit dan beberapa jam sebelum matahari terbenam.

Ciri lain yang mencolok dari gigitan demam berdarah adalah tempat di mana nyamuk menggigit seseorang. Nyamuk penyebab demam berdarah ini biasanya menyerang bagian tubuh sekitar pergelangan kaki dan siku.

Meskipun membedakan gigitan nyamuk biasa dan gigitan nyamuk penyebab demam berdarah, tidak semua gigitan nyamuk akan menyebabkan demam berdarah.

Infeksi demam berdarah lebih disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti yang biasanya melonjak selama iklim tropis dan tidak bisa bertahan hidup selama musim dingin.

Masa inkubasi virus dengue itu terjadi antara waktu pertama kali seserang digigit nyamuk aedes aegypti hingga tubuh mulai terinfeksi pada 4-10 hari. Tapi, para ahli mengatakan bahwa gejala bisa muncul di mana sana yang menyebabkan gejala berbeda-beda, tergantung pada faktor risiko, usia, dan penyakit yang sudah ada sebelumnya.

Karena itu, penting untuk mengenali tanda-tanda demam berdarah pada tahap awal hingga ketika infeksi mulai memburuk. Tanda-tanda awal infeksi vdemam berdarah ini meliputi:

  1. Demam tinggi
  2. Pegal-pegal
  3. Menggigil, lemah dan lelah
  4. Sakit sendi dan tulang
  5. Nyeri di perut
  6. Ruam dan Kemerahan pada mata
  7. Mual dan muntah

Ingatlah bahwa demam berdarah adalah penyakit menular yang bisa dilawan melalui perawatan medis dan tindakan pencegahan. Karena itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi demam berdarah.

  1. Membersihkan dan mendisinfeksi sumber air yang tergenang dan menghindari genangan air
  2. Ganti air di pot, stand dan tempat makan burung setiap hari
  3. Cobalah untuk mengenakan pakaian panjang untuk menghindari gigitan nyamuk
  4. Menggunakan obat nyamuk
  5. Gunakan minyak esensial, semprotan dan kelambu untuk menghindari nyamuk
  6. Tingkat kekebalan tubuh
loading...


Penulis  : -
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com