• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Studi CDC: Vaksin Covid-19 Pfizer Efektif 93 Persen Cegah Sakit Parah Pada Usia Remaja

Kamis, 21 Oktober 2021 | 09:21 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19 (Unsplash.com/@3dparadise).

KlikBabel.com - Hasil penelitian dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 jenis Pfizer-BioNTech efektif hingga 93 persen terhadap pasien usia muda yang dirawat di rumah sakit akibat virus corona.

CDC mengatakan, kerja vaksin terlihat efektif pada pasien rawat inap berusia 12 sampai 18 tahun yang telah disuntik dua dosis vaksin Pfizer-BioNTech. Temuan penelitian tersebut, lanjut CDC, makin memperkuat pentingnya vaksinasi untuk melindungi kelompok muda AS dari virus corona.

Penelitian itu dilakukan dengan menganalisis tes negatif Covid-19 di 19 rumah sakit anak di 16 negara bagian, termasuk 179 pasien kasus yang dirawat di rumah sakit dan 285 orang lainnya masih kontrol rawat jalan.

CDC menemukan, dari 43 persen responden yang dirawat di unit perawatan intensif, 16 persen di antaranya selamat selama jalani rawat inap dan 2 persen pasien sakit kritis hingga meninggal.

Dari 29 pasien yang sakit kritis juga dua kematian akibat Covid-19, semuanya pasien yang belum divaksinasi. Selain itu, 72 persen lainnya memiliki komorbid setidaknya satu, termasuk obesitas (68 persen).

CDC menunjukkan bahwa 46 persen anak-anak dan remaja AS berusia 12-15 tahun dan 54 persen remaja berusia 16-17 tahun telah divaksinasi penuh terhadap Covid-19.

"Data ini menunjukkan bahwa peningkatan cakupan vaksinasi di antara kelompok ini dapat mengurangi kejadian Covid-19 yang parah di Amerika Serikat," kata CDV, dikutip dari Fox News.

Seiring meningkatnya aktivitas belajar di sekolah, CDC menekankan pentingnya langkah-langkah pencegahan untuk mengurangi kejadian Covid-19 yang parah di kalangan remaja.

"Karena itu vaksinasi sangat penting," kata para peneliti CDC.

Gedung Putih juga telah mengumumkan bahwa anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun akan segera  bisa mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 jenis Pfizer/BioNTech dalam hitungan minggu ke depan.

loading...


Penulis  : -
Editor    : septiani
Sumber : KlikBabel.com