• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Belajar IT Autodidak, Petani hingga Kuli Bangunan Kuras Duit Nasabah BTPN Jenius Rp2 M

Rabu, 13 Oktober 2021 | 14:12 WIB
Belajar IT Autodidak, Petani hingga Kuli Bangunan Kuras Duit Nasabah BTPN Jenius Rp2 M. Polda Metro merilis kasus petani dan kuli bangunan bobol rekening bank jenius BTPN. (Suara.com/M Yasir)

KlikBabel.com - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyebut petani hingga tukang bangunan membobol rekening digital nasabah Jenius Bank BTPN berbekal kemampuan IT atau teknologi dan informasi. Keahilan tersebut, kata Yusri diperoleh dengan belajar sendiri.

"Pengakuan dia autodidak," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (13/10/2021).

D dan O seorang petani dan pekerja serabutan ditangkap usai membobol 14 nasabah Jenius Bank BTPN. Total kerugian dalam kejahatan ini mencapai angka Rp2 miliar.

Yusri menyebut keduanya ditangkap di wilayah Sumatera. Penyidik masih memburu dua pelaku lainnya yang salah satunya berprofesi sebagai tukang bangunan.

"Pekerjaan petani tapi punya keahlian IT (teknologi dan informasi). Ada juga yang pekerja serabutan tapi punya keahlian IT. Bahkan ada tukang bangunan," beber Yusri.

Sindikat ini, kata Yusri, menggunakan modus berpura-pura sebagai staf pegawai Jenius Bank BTPN. Mereka menghubungi korban dan melakukan tipu daya untuk memperoleh data pribadi nasabah.

Berbekal data tersebut, para pelaku selanjutnya menguras habis isi rekening korban. 

"Korbannya ini nasabah bank yang merasa tidak pernah melakukan transaksi. Tapi isi rekeningnya dipindah ke para tersangka," beber Yusri.

Kekinian penyidik masih memburu dua pelaku lainnya. Sekaligus mendalami asal usul pelaku memperoleh nomor telepon nasabah Jenius Bank BTPN.

loading...


Penulis  : -
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com