• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Kasal Yudo Margono Tiba di Pulau Belitung Menggunakan SN-235

Jumat, 08 Oktober 2021 | 10:14 WIB
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, mengunjungi Pulau Belitung, Rabu (7/9/2021).

KlikBabel.com - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, mengunjungi Pulau Belitung, Rabu (7/9/2021). Datang menggunakan Pesawat CN-235, Kasal landing di Base Ops TNI AU H.A.S Hanandjoeddin dengan lancar diantara cuaca Pulau Belitung yang hujan dan awan gelap sekitar pukul 15.02 WIB.

Selain Kasal, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, dan jajaran Perwira Tinggi TNI Angkatan Laut juga menjadi penumpang pesawat ini. Dipilihnya Belitung untuk pendaratan Pesawat CN-235 mengingat daerah kepulauan khususnya Bangka Belitung, memiliki jalur penerbangan yang sangat terbatas. 

"Karena tempatnya terpencil, tetapi landasan atau pangkalan udara di sini mampu untuk didarati pesawat ini," jelasnya.

Dikatakan Brigjen TNI Umar Farouq Komandan Lantamal III/Jakarta, disela-sela padatnya kegiatan, Kasal Yudo Margono tetap menyempatkan diri untuk hadir dalam kegiatan pembinaan satuan Pangkalan AL di Babel. Selain itu, Kasal Yudo Margono juga akan menghadiri dua agenda lainnya.

"Jadi kehadiran beliau sudah diagenda tiga item pembinaan, yang pertama pembinaan satuan. Kedua, pelaksanaan vaksinasi nasional yang dilaksanakan serentak di Indonesia oleh jajaran aparat pemerintah bersama TNI/Polri dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid-19 bagi masyarakat Indonesia, dan yang ketiga, atas penerimaan penghargaan dari Aspeksindo," jelas Komandan Lantamal III/Jakarta terperinci.

Sementara itu, Komanda Angkatan Laut Babel Kolonel Laut (P) Fajar Hernawan, yang mendampingi Komandan Lantamal III/Jakarta menambahkan penjelasan tentang Pesawat CN-235. 

"Pesawat CN-235 berwarna abu-abu yang digunakan Kasal Yudo Margono merupakan pesawat yang diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia (PT DI)," ujarnya.

Dalam kesehariannya, pesawat ini digunakan untuk patroli maritim Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal) dalam mengemban tugas dan fungsinya terutama dalam pengintaian udara taktis. Pesawat ini juga akan digunakan dalam pengamatan laut, yang dilengkapi radar dan navigasi dengan sistem komputer taktis.

loading...


Penulis  : Farah
Editor    : septiani
Sumber : KlikBabel.com