• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ahli: Flu Bisa Picu Pandemi yang Lebih Bahaya dari Virus Corona Covid-19

Senin, 04 Oktober 2021 | 17:29 WIB
Ilustrasi virus flu, virus corona Covid-19. [Joseph Mucira/Pixabay]

KlikBabel.com - Pandemi virus corona Covid-19 telah merenggut lebih dari 5 juta nyawa di seluruh dunia. Penyakit menular pada sistem pernapasan ini pun masih terus bermutasi dan berisiko menjadi ancaman baru pada gelombang pandemi berikutnya.

Di sisi lain, para ahli penyakit menular juga mengatakan wabah flu global masih terus menjadi risiko serius dan nyata dibandingkan virus corona Covid-19 yang sekarang mewabah.

Menurut Profesor Michael Osterholm, direktur Pusat Penelitian dan Kebijakan Penyakit Menular di University of Minnesota, pandemi flu global bisa lebih buruk dalam risiko infeksi dan kematiannya.

Michael Osterholm menyatakan bahwa pandemi flu bisa membunuh sekitar 33 juta orang dalam 6 bulan pertama, yakni sekitar 6 kali lebih banyak dari total jumlah kematian selama pandemi virus corona Covid-19.

Ia juga menambahkan bahwa sebelum pandemi virus corona Covid-19, influenza adalah risiko biologis nomor satu bagi manusia dan ini tidak berubah.

Tapi dilansir dari Times of India, virus corona maupun influenza sama-sama penyakit pada sistem pernapasan bagian atas yang menyebabkan gejala berupa demam, batuk, kelelahan, sesak napas dan nyeri tubuh.

Kedua penyakit pernapasan itu disebabkan oleh virus yang berbeda. Namun dalam kasus yang parah, kedua penyakit itu bisa menyebabkan pneumonia. Virus influenza (flu) musiman terdeteksi sepanjang tahun, yakni virus flu yang biasa terjadi selama musim gugur dan musim dingin.

Selain itu, ada beberapa jenis virus flu yang jauh lebih menular dan berbahaya daripada virus corona Covid-19. Bahkan, virus flu ini bisa menyebabkan jumlah kematian yang lebih banyak.

Bedanya, virus flu musiman memang sudah ada dari lama. Sedangkan, virus corona Covid-19 termasuk virus pernapasan baru yang masih dipelajari proses penularan dan dampaknya.

Namun, para ahli mengingatkan bahwa belum ada vaksin khusus untuk mencegah virus influenza yang lebih kuat dan tahan lama. Meski begitu, para ahli percaya bahwa vaksin flu bisa memberikan perlindungan terhadap semua jenis virus.

Selain itu, semua orang juga perlu melakukan beberapa hal untuk melindungi diri dari virus corona dan flu, yakni menjaga kebersihan, menggunakan masker, dan mencuci tangan teratur. Semua orang juga perlu suntik vaksin Covid-19 dan vaksin flu.

loading...


Penulis  : -
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com