• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pandemi Covid-19 Belum Sepenuhnya Terkendali, PDPI: Masyarakat Jangan Terlena

Kamis, 30 September 2021 | 14:34 WIB
Pandemi Covid-19 Belum Sepenuhnya Terkendali, PDPI: Masyarakat Jangan Terlena. Ilustrasi seorang pasien Covid-19. (10/7/2021). [ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat]

KlikBabel.com - Ketua Kelompok Kerja Infeksi Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dr. Erlina Burhan mengatakan bahwa pandemi Covid-19 di tanah air belum sepenuhnya terkendali.

Erlina mengatakan masyarakat tidak boleh terlena dengan banyaknya pelonggaran yang diberikan pemerintah dan tetap menaati protokol kesehatan 5M; memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

"Kita tahu bahwa PPKM juga berhasil namun saya ingin sampaikan bahwa kita jangan terlena, karena situasi pandemi ini belum sepenuhnya teratasi," kata Erlina dalam diskusi virtual, Kamis (30/9/2021).

Dia menyebut konsistensi penurunan kasus Covid-19 ini harus dijaga agar tidak terjadi lagi lonjakan kasus gelombang ketiga yang diperkirakan banyak ahli akan terjadi pada akhir tahun 2021 ini.

"Kemenkes pernah mengatakan bahwa ada potensi terjadi gelombang ketiga, karena PPKM sudah makin longgar, nanti ada libur akhir tahun, sudah mulai banyak sekolah yang tatap muka, dan perlu kita usahan cakupan vaksinasi kita masih di angka 24 persen, targetnya 70 persen," jelasnya.

Erlina menegaskan pemerintah harus segera meningkatkan cakupan vaksinasi dan masyarakat harus tetap patuh protokol kesehatan karena virusnya juga masih terus bermutasi.

"Jadi back to basic, 5M, vaksinasi ditingkatkan, sistem imun dinaikkan, jaga kesehatan mental," tegasnya.

Diketahui, pandemi Covid-19 telah menginfeksi 4.213.414 orang Indonesia, masih terdapat 37.412 kasus aktif, 4.034.176 orang sudah dinyatakan sembuh, dan 141.826 jiwa meninggal dunia.

loading...


Penulis  : -
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com