• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pemprov Babel Anugerahkan Penghargaan Perangkat Daerah Terbaik 2020

Senin, 27 September 2021 | 19:02 WIB
Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Babel) memberikan apresiasi terhadap kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dengan menggelar Penganugerahan OPD Terbaik 2020, yang dilaksanakan di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur, Senin (27/9/21).

KlikBabel.com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Babel) memberikan apresiasi terhadap kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dengan menggelar Penganugerahan OPD Terbaik 2020, yang dilaksanakan di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur, Senin (27/9/21).

Gubernur Erzaldi Rosman, dalam sambutannya melalui virtual video menyebutkan bahwa penganugerahan tersebut diharapkan menjadi motivasi lebih bagi OPD untuk meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kegiatan penganugerahan penghargaan itu sendiri menilai tiga kategori, yaitu kategori Reformasi Birokrasi Award, kategori Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Award, dan Rapor Kinerja Award.

"Pemerintah Provinsi Bangka Belitung telah memberikan karya dan kerja bagi bangsa dan negara Indonesia, khususnya kepada masyarakat Babel. Namun kami terus berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja Pemerintah Provinsi Bangka Belitung," katanya.

"Kami mengajak kepada seluruh kepala daerah, mari kita tingkatkan kualitas SAKIP demi pembangunan bangsa dan negara kita, untuk menuju negara yang lebih baik demi kesejahteraan masyarakat," katanya menambahkan.

Sementara itu, Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah dalam sambutannya menyebutkan, penganugerahan OPD terbaik merupakan respon Pemprov. Babel melalui Kepala OPD dan jajaran di 31 perangkat daerah yang ada di Pemprov.Babel, berdasarkan rekomendasi yang disampaikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi saat evaluasi SAKIP.

"Penganugerahan ini untuk kita meningkatkan kualitas SAKIP dan reformasi dan birokrasi. Ini diperlukan adanya evaluasi yang dituangkan dalam rapor kinerja dari masing-masing pimpinan perangkat daerah. Dari situlah akan kita lihat hasilnya melalui reward and punishment kepada seluruh pimpinan perangkat daerah," katanya.

Dilanjutkan Wagub Fatah dalam pertemuan tersebut yang didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Babel Naziarto, para Asisten Sekretaris Daerah, dan Staf Ahli bahwa dari SAKIP tersebut dapat diketahui perencanaan, penganggaran, dan pelaporan terhadap realisasi perencanaan pembangunan jangka menengah daerah atau RPJMD.

"Dari sisi penyelenggaraan, apakah betul-betul OPD yang ada di pemprov ini sudah mampu menunjang pelaksanaan visi dan misi yang tertuang dalam RPJMD. Kita akan lihat bagaimana hasilnya dari evaluator pemprov. Kita akan lihat capaiannya, yang intinya menilai akumulasi penyusunan SAKIP," katanya.

Adapun daftar pemenang penganugerahan pengharggan OPD terbaik 2020, yaitu:

Kategori Reformasi Birokrasi Award :
1. Dinas Pendidikan
2. Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah
3. Inspektorat

Kategori SAKIP Award :
1. Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda)
2. Inspektorat
3. Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah (BKPSDMD) 

Kategori Rapor Kinerja :
1. Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda)
2. Inspektorat
3. Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah (BKPSDMD) 

loading...


Penulis  : Farah
Editor    : septiani
Sumber : KlikBabel.com