• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Hari Jadi Ke-264 Tahun Kota Pangkalpinang, “Sehat, Senyum, Herd Immunity”

Jumat, 17 September 2021 | 13:54 WIB
Caption. Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) menjadi inspektur upacara Hari Jadi ke-264 tahun Kota Pangkalpinang, di halaman Gedung Tudung Saji, Jumat (17/9/2021).

KlikBabel.com – Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) menjadi inspektur upacara Hari Jadi ke-264 tahun Kota Pangkalpinang, di halaman Gedung Tudung Saji, Jumat (17/9/2021).

Upacara Hari Jadi yang mengusung tema “Sehat, Senyum, Herd Immunity” juga diikuti Ketua Tim Penggerak PKK, Forkopimda, BUMN, BUMD dan seluruh jajaran Pemkot Pangkalpinang.

Maulan Aklil membacakan secara singkat sejarah berdirinya Kota Pangkalpinang yang dimulai dari masa Susuhunan Sultan Ahmad Najamuddin I Adi Kesumo pada 17 September 1757 masehi. Pangkalpinang dengan nama generik Pangkal secara historis dan filosofis didirikan dengan cita-cita sebagai pusat segala aktivitas dimulai, pelabuhan dan pusat pasar atau perniagaan, serta sebagai pusat distrik atau pusat pemerintahan.

“Tanpa terasa Pangkalpinang sudah berusia 264 tahun. Dengan usia tersebut masih banyak kekuatan dan potensi kota yang kita miliki harus digali,” ujar Molen.

Dia menyebutkan, masih banyak peluang yang harus dicermati dan kelemahan yang diperbaiki. Memang telah banyak yanh dilakukan untuk Kota Pangkalpinang namun menurutnya tugas dan pengabdian belum selesai.

Memperingati hari jadi kota menurutnya, merupakan suatu peristiwa sejarah penting sebagai tonggak atau momentum keberadaan sebuah kota dan momentum lebih giat bekerja membangun kota.

“Pembangunan Kota Pangkalpinang saat ini mengalami tantangan global karena pengaruh pandemi Covid-19. Tapi kita tidak boleh menyerah, kita harus dapat mengubah tantangan menjadi peluang dan pembangunan harus tetap dilaksanakan sesuai RPJMD Kota Pangkalpinang tahun 2018-2023,” jelasnya.

Molen berharap dengan tema yang diusung ini dapat menjadi upaya percepatan vaksinasi kepada masyarakat secara masif dapat terlaksana. Masyarakat akan kembali sehat dengan kondisi jumlah populasi kekebalan kelompok masyarakat yang besar terhadap Covid-19 dapat dijadikan modal dasar untuk kembali beraktivitas dalam kenormalan baru.

“Mudah-mudahan kota yang kita cintai ini dapat berkembang, terus maju dengan segala fasilitas-fasilitas pelayanan masyarakat. Mari kita bersinergi membangun dan mengembangkan Kota Pangkalpinang tercinta menuju kejayaannya Pangkalpinang Pangkal Kemenangan Beribu Senyuman,” harap Molen.

Seusai upacara, Wali Kota didampingi Ketua Tim Penggerak PKK menyematkan pin pinang emas kepada enam penerima yakni tenaga kesehatan, BPBD, TNI dan Polri.

loading...


Penulis  : Mrs.Amanda
Editor    : septiani
Sumber : KlikBabel.com