• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Viral Petasan Terbuat dari Kertas Alquran, Kronologi Terungkap Seusai Akad Nikah

Rabu, 15 September 2021 | 11:25 WIB
Viral Petasan Terbuat dari Kertas Alquran. (Instagram/@viralciledug)

KlikBabel.com - Penemuan petasan yang terbuat dari kertas Alquran telah menggegerkan masyarakat. Peristiwa ini terjadi di Parung Serab, Ciledug.

Hal tersebut langsung menjadi viral setelah dibagikan oleh akun Instagram @viralciledug. Hingga berita ini dipublikasikan, video itu telah mendapatkan sedikitnya 720 tanda suka.

Dalam video, tampak warga merekam pekarangan yang sudah dipenuhi dengan sampah kertas bekas petasan. Kertas-kertas itu setelah dipungut begitu mengejutkan lantaran berisi teks Alquran.

Penyebab banyaknya petasan itu sendiri untuk meramaikan hajatan salah satu warga setempat. Sejumlah warga kemudian mengumpulkan bukti-bukti kertas Alquran yang dijadikan petasan tersebut.

"Keterlaluan! Gelar hajatan dengan pasang petasan. Ternyata petasan berbahan Alquran. Lokasi kejadian: Parung Serab, Ciledug," tulis akun ini sebagai keterangan Instagram seperti dikutip Suara.com, Rabu (15/9/2021).

Kronologi kejadian ini sendiri berawal dari pernikahan seorang warga pada 11 September 2021. Keluarga yang menggelar hajatan tersebut menyalakan petasan seusai akad nikah.

"Kronologinya seperti ini. Paman saya menikahkan anaknya pada tanggal 11 September 2021, pukul 16.00 WIB. Alamat Kelurahan Parung Serab, RT 01/06, Ciledug."

Ternyata, membunyikan petasan setelah akad nikah sudah menjadi tradisi di kampung itu. Hal ini sebagai tanda pemberitahuan jika akad pernikahan sudah selesai dilakukan.

"Biasanya kalau adat di kampung kami, selesai akad nikah membunyikan petasan. Ini sebagai tanda pemberitahuan bahwa acara akad nikah sudah selesai."

Penemuan kertas petasan dari Alquran sendiri baru disadari setelah mereka selesai menyalakan. Pasalnya, tampilan kertas petasan sebelum dibakar berwarna putih merah.

Sedangkan teks Alquran berada di sisi dalam petasan. Akibatnya, warga tidak ada yang menyadari sampai akhirnya petasan itu dinyalakan.

"Pas ketika selesai petasan dibakar ternyata bahan kertas yang digunakan untuk membuat petasan tersebut adalah Alquran. Awalnya kami tidak tahu, karena kulit pembungkus itu berwarna merah putih."

Terlihat dalam video, teks Alquran itu berwarna kuning. Kertas-kertas berisi ayat Alquran yang berceceran itu telah dikumpulkan sebagai bukti.

Penemuan petasan yang dibuat dari Alquran langsung memicu kecaman publik. Warganet menulis beragam komentar negatif di kolom komentar, dan berharap pembuat petasan segera ditangkap.

"Gampang itu kalau diusut. Penjualnya selidikin dia dapat dari mana atau bikin sendiri apa gimana," komen warganet.

"Yang membuat petasan nya tuh yang harus ditangkap," desak warganet.

"Berarti bukan salah yang nyalain ya. Kan dia cuma beli gak tahu bahan dalamnya apa. Tapi jadi sedih," bela warganet.

"Ya Allah, sadarkan manusia yang telah berbuat seperti itu," doa warganet.

"Tinggal ditelusuri beli dimana, yang dagang ambil barang di mana, ketahuan kok kalau niat cari pembuatnya," tambah lainnya.

"Kerjaan anak buah dajjal," celutuk warganet.

"Usut tuntas," sahut yang lain.

"Yang membuat petasan wujud manusia tapi hati nya setan. Usut min sampai tuntas," kecam warganet.

loading...


Penulis  : -
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com