• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Penelitian: Virus Corona Covid-19 Berdampak Buruk pada Pasien HIV dan TBC

Selasa, 14 September 2021 | 13:57 WIB
Ilustrasi Virus Corona Covid-19. (Pixabay)

KlikBabel.com - Sebuah laporan yang dirilis oleh Global Fund menemukan pandemi virus corona Covid-19 memiliki dampak buruk pada langkah melawan HIV, TBC dan malaria sepanjang tahun 2020 lalu.

Karena, ada penurunan signifikan dalam layanan tes dan pencegahan HIV akibat pandemi virus corona Covid-19.

Bila dibandingkan dengan tahun 2019, jumlah orang yang menjalani tindakan pencegahan dan pengobatan HIV menurun 11 persen tahun 2020 lalu. Sedangkan, jumlah orang yang menjalani tes HIV menurun 22 persen di sebagian besar negara.

Tapi dilansir dari Health Shots, jumlah orang yang menerima terapi antiretroviral menyelamatkan jiwa untuk HIV tahun 2020 naik 8.8 persen menjadi 21,9 juta meskipun sedang pandemi vrus corona Covid-19.

Berdasarkan laporan tersebut, dampak buruk pandemi virus corona Covid-19 dalam perang melawan TBC di seluruh dunia juga menjadi bencana tambahan.

Sementara, jumlah orang dengan TB resisten yang diobati di negara-negara tempat Dana Global berinvestasi menurun 19 persen. Mereka yang memakai pengobatan untuk TB resisten terhadap obat secara ekstensif mencatat penurunan yang lebih besar, yaitu 37 persen

Dana Global telah menghitung bahwa sekitar 4,7 juta orang dirawat karena TB pada tahun 2020, artinya jumlahnya sekitar satu juta lebih sedikit dibandingkan pada tahun 2019.

Menurut laporan, intervensi untuk memerangi malaria nampaknya tidak terlalu terpengaruh oleh virus corona Covid-19 dibandingkan dua penyakit lainnya.

“Berkat upaya adaptasi dan ketekunan serta inovasi petugas kesehatan masyarakat, tindakan pencegahan tetap stabil atau meningkat dibandingkan tahun 2019 lalu," jelas laporan tersebut.

loading...


Penulis  : -
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com