• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Menkes Budi: Indonesia Kebobolan Varian Delta karena Abaikan Pintu Masuk Jalur Laut

Senin, 13 September 2021 | 13:30 WIB
Tangkapan layar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers yang dipantau daring, Senin (26/7/2021). (ANTARA/Devi Nindy)

KlikBabel.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, bahwa pemerintah kebobolan saat  Covid-19 Varian Delta masuk dan menyebar begitu masif di Indonesia.

Menurut Budi, bobolnya penjagaan dan pencegahan masuknya varian Delta itu lantaran pemerintah abai mengawasi jalur laut sebagai pintu masuk.

"Kemarin kita agak kebobolan karena kita lupa menjaga dari sisi lautnya banyak kapal-kapal pengangkut barang dari India krunya saat mendarat diizinkan turun. Sehingga menular," kata Budi dalam rapat dengan Komisi IX DPR, Senin (13/9/2021).

Budi memaparkan, saat ini pintu-pintu masuk memang sudah diperketat guna mengawasi varian baru Covid-19 yang memang sebarannya menyeluruh melanda dunia.

"Kita sudah lihat masuknya varian baru. Kalau ini tidak terjaga dengan baik di awal maka akan bisa sangat cepat menguasai landscape varian-varian yang ada," kata Budi.

Menurut Budi, upaya penjagaan di pintu-pintu masuk itu salah satunya ialah dengan menerapkan karantina.

"Oleh karena itu penting bagi kita untuk menjaga border kita. Perbatasan kita pintu-pintu masuk kita, memperketat namanya entry dan exit test dan termasuk mendisplinkan proses karantina," katanya.

 

loading...


Penulis  : -
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com