• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pemanfaatan Tata Kelola Arsip Bangka Barat Jadi Sorotan Pansus Kearsipan

Selasa, 07 September 2021 | 19:44 WIB
Tim Pansus yang di ketuai oleh Ringgit Kecubung, S.Pd, didampingi anggota pansus antara lain, Wakil Ketua pansus Susi, Adet Mastur, SH, MH, Drs. Rustamsyah, Firmansyah Levi, Harianto, Ranto Sendhu, SE, Toni Purnama, S.IP, Yus Derahman dan Matzan, berkunjung ke kabupaten Bangka Barat, senin (06/09/2021).

KlikBabel.com - Guna untuk Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang penyelenggaraan Kearsipan, Tim Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sekian kalinya mengadakan informasi dan masukan pada kantor Bupati Bangka Barat pada Ruangan Bupati Bangka Barat guna Pemanfaatan tata kelola Arsip.

Arsip Menjadi Salah satu Aset yang wajib dijaga dan dikelola dengan baik, pasalnya, keberadaan Arsip menjadi penting dalam lintasan tentang sejarah.

Tim Pansus yang di ketuai oleh Ringgit Kecubung, S.Pd, didampingi anggota pansus antara lain, Wakil Ketua pansus Susi, Adet Mastur, SH, MH, Drs. Rustamsyah, Firmansyah Levi, Harianto, Ranto Sendhu, SE, Toni Purnama, S.IP, Yus Derahman dan Matzan, berkunjung ke kabupaten Bangka Barat, senin (06/09/2021).
Ketua Pansus Kearsipan, Ringgit Kecubung, S.Pd, menjelaskan, tentang Pansus Kearsipan sangatlah bermakna.

Anggota Pansus Adet Mastur, menyarankan, bahwa dari setiap Arsip yang ada harus di telusuri  dan selain itu, katanya  dalam penggunaan Aset Dinamis dan Statis sangatlah bermanfaat jika dilakukan pada  sistem Arsip lama.

Arsip dinamis dan statis dapat jadi acuan sebagai Arsip Digital misalkan Pelantikan  Bupati dari sejak Awal sampai saat ini, Dimana Aset tertinggi ada pada  kab.  Bangka Barat karena   terkenal dengan banyaknya    peninggalan bersejarah, yang berguna untuk  pemasukan  Arsip penyelenggaraan kearsipan, ujarnya.

"Kita juga dapat melihat dari Arsip   3    porsi    tentang  Pembentukan prosedium Babel   menjadi  moment sejarah Perkembangan Arsip   Karena jangan sampai  arsip hilang, Arsip hilang Aset juga tuntas"  tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Bangka Barat H. Sukirman, sangat mengapresiasi dan senang atas kedatangan tim pansus kearsipan DPRD Babel.

"saya libatkan disini dari kantor Diskominfo dan Kantor Kearsipan guna untuk wawasan kedepan Hajat Satu Ilmu Satu Guru Saling Memberikan Masukan. seperti ini. Mungkin inilah yang menyatukan kita", ungkap, Bupati Bangka Barat H Sukirman.

Pada kesempatan yang sama, Sarbudiono Pj Kepala Diskominfo Kabupaten Bangka Barat, menyampaikan, bahwa arsip digital sudah ada di Bangka Barat dan  terdapat Arsip Statis yang merupakan Program Penurunan Naskah Kuno, ungkapnya

"Arsip Statis Arsip Fungsional diposisi online pun sudah siap, Arsip digital alat alatnya pun sudah siap namun dalam pengelolaan internet agak sulit karena keterbatasan biaya ", ungkapnya.

Kepala Dinas Kearsipan Bangka Barat, Iswanto, mengungkapkan, bahwa Bangka Barat sudah memiliki Depo Arsip, bahkan kabupaten Bangka Barat telah memiliki Perda yang mengatur tentang kearsipan.

"Bangka barat sudah punya Perda, Bangka Barat mendapatkan nilai A plus pada tahun 2020 dari Badan Kearsipan Nasional tentang pemusnahan Arsip", jelasnya.

Di kesempatan yang sama, anggota pansus, Toni Purnama, mengungkapkan, Bangka Barat adalah Kota tua yang kaya akan bermacam macam peninggalan zaman dahulu seperti sejarah peninggalan presiden RI Pertama,Ir Soekarno.

" ini  tentang Arsip sejarah Bangka Barat merupakan Heritage Bangka Belitung yang sangat berpotensi untuk kemajuan  Arsip"  Tuturnya.

Yus Derahman, anggota pansus kearsipan, mengatakan, Arsip sangat penting karena Majunya suatu negara tergantung dari Arsip, sebab, keberadaan arsip mengingatkan tentang sejarah.

"Jangan memandang sebelah mata dengan Arsip, Kita harus bekerja sama  dalam menjaga kearsipan"  terangnya.

loading...


Penulis  : Mrs.Amanda
Editor    : septiani
Sumber : KlikBabel.com