• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Kasus Covid-19 Turun, Satgas Bandingkan Peringkat Indonesia dengan Negara Tetangga

Selasa, 07 September 2021 | 19:56 WIB
Prof. Wiku Adisasmito (BNPB/Youtube)

KlikBabel.com - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 membandingkan kondisi pandemi di Indonesia yang diklaim saat ini lebih baik dengan beberapa negara lain.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, jumlah kasus aktif Indonesia saat ini berada di urutan ke-20 dengan total 138.630 pasien Covid-19 yang masih dalam perawatan.

"Indonesia menempati peringkat 20 sedangkan negara tetangga seperti Malaysia, Vietnam, Jepang, Filipina, dan Thailand masih berada di urutan 11 sampai dengan 18," katanya dalam jumpa pers virtual, Selasa (7/9/2021).

Menurut Wiku, kondisi saat ini merupakan prestasi. Sebab, jumlah populasi dan aspek demografi Indonesia jauh lebih besar dibandingkan negara-negara tersebut.

"Aspek demografis, di mana jumlah penduduk indonesia yang jauh lebih tinggi dibandingkan negara-negara tetangga, namun tetap dapat menunjukkan penurunan merupakan perkembangan yang baik dan patut diapresiasi," ucapnya.

Wiku juga menyebut, keadaan darurat di rumah sakit akibat lonjakan pasien Covid-19 akibat Varian Delta sudah terlewati.

Per tanggal 5 September, tidak ada provinsi dengan angka keterpakaian tempat tidur atau BOR di atas 60 persen. Bahkan, angka BOR tertinggi hanya di Aceh yakni sebesar 45,47 persen.

"Ini artinya keadaan darurat lonjakan pasien Covid-19 di rumah sakit telah kita berhasil kita lewati di semua provinsi di Indonesia," katanya.

Dikemukakannya, lima provinsi dengan BOR tertinggi meliputi; Aceh 46,47 persen, Bali 40,04 persen, Papua 35,50 persen, Bangka Belitung 34,7 persen, dan Kalimantan Utara 34,2 persen.

Selain itu, angka kematian pasien Covid-19 juga mengalami penurunan dalam sepekan terakhir hingga di bawah seribu per harinya.

Kemudian, laju penularan atau positivity rate di Indonesia saat ini 6,97 persen.

loading...


Penulis  : -
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com