• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


5 Tips Lulus SKD CPNS 2021, Agar Lancar dan Sukses Menjawab Soal CPNS

Kamis, 02 September 2021 | 07:41 WIB
Tips lulus SKD CPNS 2021 - Ilustrasi ujian CPNS. [Dok.RiauOnline]

KlikBabel.com - Tes CPNS 2021 akan jadi momen penting bagi pesertanya. Agar lulus, para peserta sampai belajar siang malam agar bisa memasuki jenjang karier PNS yang menjanjikan. Selain itu kalian juga dapat mengikuti lima tips lulus SKD CPNS 2021 berikut ini.

Peminat lowongan kerja PNS pun tak pernah surut dari tahun ke tahun, sehingga setiap peserta harus menghadapi kemungkinan tidak lulus ujian SKD CPNS 2021. Oleh karena itu, simak tips lulus SKD CPNS 2021 di bawah ini dengan baik.

Ujian SKD CPNS 2021

SKD merupakan kependekan dari Seleksi Kompetensi Dasar yang terdiri atas materi ujian tes wawancara kebangsaaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakteristik Pribadi (TKP). Agar Anda bisa lulus tes SKD, berikut tips lulus SKD CPNS 2021.

1. Sering berlatih soal

Tips lulus tes SKD yang pertama, kita harus sering-sering latihan soal-soal tes SKD. Mulailah untuk mempelajari soal CPNS dari sekitar 3-5 tahun sebelumnya.

Pola soal biasanya tidak jauh dari soal-soal ujian di tahun-tahun sebelumnya. Dengan berlatih soal, kita menjadi terbiasa dalam memecahkan soal dan melihat formasi soal CPNS. Sehingga akhirnya, karena sudah terbiasa kita menjadi lebih siap untuk menghadapinya.

2. Baca soal secara teliti

Tips lulus SKD CPNS 2021 sangat persis dengan tips lulus ujian SD, SMP, sampai SMA. Hal yang harus kita lakukan adalah membaca soal secara teliti dalam mengerjakan soal.

Jika kita terburu-buru, kita bisa melewatkan hal penting dari soal dan akhirnya salah memberikan jawaban. Fokus pada soal dan jangan berambisi untuk selesai dengan cepat, yang terpenting adalah ketepatan dan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.

3. Kelola waktu dengan baik

Nah, ini memiliki hubungan erat dengan tips lulus SKD CPNS 2021 poin nomor dua. Kita tidak perlu terburu-buru saat mengerjakan soal. Hal yang harus kita lakukan pertama-tama adalah memanajemen waktu dengan baik agar bisa menjawab semua soal.

Jika tidak bisa mengelola waktu dengan baik, ini bisa berpengaruh pada skor total SKD, dan nantinya akan berdampak pada kelulusan passing grade. Cobalah kelola waktu dari sejak latihan soal. Buatlah timer untuk setiap meter. Sehingga Anda mengetahui berapa menit waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan satu soal ujian.

4. Jawab soal dari yang paling mudah dulu

Seperti biasa, ini adalah tips lulus SKD CPNS 2021 yang sudah diketahui umum tapi sering juga dilupakan. Mengerjakan soal yang mudah lebih dulu adalah cara agar kita bisa menggunakan waktu semaksimal mungkin.

Kita tidak perlu berkutat dengan soal-soal CPNS yang sulit bagi kita saat itu atau membingungkan. Pindah saja dulu ke soal yang dapat kita kerjakan dulu, kemudian nanti kita kembali ke soal yang memiliki kesulitan tinggi.

5. Kerjakan soal dengan cepat dan tepat

Tips lulus SKD CPNS 2021 kali ini berkaitan dengan cara kita mengerjakan soal. Kalau kita memilih mengerjakan soal yang mudah dulu meskipun tidak berurutan, kita akan menjadi lebih cepat. Waktu ujian kita terbatas, jadi lebih baik jika mengerjakan soal yang kita bisa kerjakan lebih dulu. Baru nanti ketika ada kesempatan untuk mengoreksi jawaban, kita bisa koreksi.

Agar bisa melakukannya, kita harus sering-sering latihan soal. Kita bisa melakukan simulasi dengan memasang timer saat mengerjakan sebuah soal. Bila kita membutuhkan waktu lama dalam mengerjakan soal, itu berarti kita masih butuh waktu latihan soal agar bisa mengerjakan soal secepat dan seakurat mungkin.

Demikian lima tips lulus SKD CPNS 2021. Hal yang perlu kita lakukan adalah rutin belajar bukan belajar satu malam sebelum ujian. Rutin mengerjakan soal akan membuat otak kita ingat dengan persamaan-persamaan dan menghafal banyak istilah serta kosa kata dan itu akan mempermudah kita untuk menjawab soal. Nah, semoga tips ini berguna untuk Anda.

 

loading...


Penulis  : -
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com