• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Satgas Minta Pemda Tingkatkan Testing Covid-19 Seperti Jakarta dan Jatim

Selasa, 31 Agustus 2021 | 17:53 WIB
Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B. Harmadi dalam teleconference Rabu (20/1/2021)

KlikBabel.com - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 terus mendesak pemerintah daerah untuk meningkatkan testing dan tracing agar laju virus penularan atau positivity rate bisa dikendalikan.

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harry B Harmadi mengatakan, pemda tidak perlu takut wilayahnya akan banyak terdeteksi kasus Covid-19, sebab semakin cepat temuan kasus maka angka kematian bisa ditekan.

"Pemerintah daerah sangat penting termasuk perannya di dalam mendorong testing, tracing. Jangan takut kalau misalkan testingnya meningkat lalu kasus terkonfirmasi positifnya meningkat," kata Sonny dalam diskusi virtual FMB9-KPCPEN, Selasa (31/8/2021).

Dia menjelaskan, testing dan tracing yang masif akan membuat treatment juga semakin cepat dilakukan terhadap pasien Covid-19 yang terdeteksi, sehingga bisa cepat sembuh.

"Justru melalui ekspansi testing dan tracing tadi, kita bisa menemukan kasus sedini mungkin. Sehingga melakukan isolasi dan penyebarannya bisa dikendalikan," jelasnya.

Sonny menyebut dengan 3T; testing, tracing, dan treatment yang maksimal maka kebijakan yang akan diambil terkait pembatasan kegiatan masyarakat juga akan tepat.

"Sudah terbukti di daerah dengan testing dan tracing yang baik seperti Jakarta dan Jawa Timur itu mereka bisa menurunkan kasus lebih cepat," ucapnya.

Diketahui, positivity rate Covid-19 di Indonesia dalam sepekan terakhir adalah 12,89 persen, sudah turun jauh dari puncak kasus pada Juli lalu, namun masih jauh dari standar aman WHO yakni maksimal 5 persen.

loading...


Penulis  : -
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com