• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Indonesia Tempati Peringkat ke-4 Dunia Soal Vaksinasi, Jokowi: Enggak Jelek-jelek Amat Sih

Sabtu, 28 Agustus 2021 | 14:10 WIB
Foto Jokowi saat berbicara dengan petinggi partai politik di Istana Negara, Jakarta. (istimewa)

KlikBabel.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai peringkat Indonesia soal jumlah penduduk yang telah menerima vaksinasi Covid-19 secara global tidak terlalu buruk. Sejauh ini Indonesia menempati peringkat keempat menurut jumlah vaksinasi yang sudah diberikan kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam rapat bersama partai koalisi pendukung di Istana Negara pada Rabu, 25 Agustus 2021 lalu. Di awal paparannya, Jokowi membahas soal perkembangan penanganan Covid-19 di tanah air, termasuk soal vaksin.

"Kami ini dari 220 negara ya, peringkat kita ini enggak jelek-jelek amat, sih. Kalau dihitung kalau dari jumlah orang yang divaksin sampai hari ini, kita ini sudah nomor 4. India nomor 1, nomor 2 Amerika Serikat, nomor 3 Brazil, kita nomor 4 Indonesia," kata Jokowi seperti dikutip Suara.com melalui video yang diunggah kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (28/8/2021).

Selain itu, Jokowi juga mengungkapkan kalau Indonesia menempati peringkat 7 secara global terkait jumlah suntikkan yang sudah diberikan kepada masyarakat. Ia menyebut sebanyak 91,9 juta dosis sudah disuntikkan kepada masyarakat.

Lalu, Jokowi juga bersyukur karena kasus harian Covid-19 di Indonesia sudah lebih rendah ketimbang hari-hari sebelumnya. Kata mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, per 24 Agustus 2021, jumlah kasus harian Covid-19 di tanah air tercatat ada sebanyak 19 ribu.

Jokowi mengakui kerap menghubungi negara-negara lain yang berhasil menurunkan angka kasus Covid-19. Apapun yang dilakukan negara-negara tersebut lantas dimodifikasi di Indonesia untuk bisa turut mengendalikan penyebaran Covid-19.

"Saya telepon beberapa negara yang kita nilai berhasil melakukan pengendalian dan kita coba untuk kita modifikasi di sini dalam rangka pengendalian di negara kita Indonesia," ungkapnya.

Keterisian tempat tidur di rumah sakit juga disinggung Jokowi mengalami penurunan. Di mana pada Mei 2021 pernah mencapai 29 persen dan melonjak drastis hingga hampir 80 persen pada Juli 2021.

"Hari ini kita sudah turunkan lagi menjadi 30 persen," ucapnya.

Jokowi juga mengungkapkan kalau angka kesembuhan pasien Covid-19 di Indonesia kini mencapai 89,97 persen. Angka tersebut berada di atas rata-rata dunia yakni 89,5 persen.

Meski demikian, Jokowi selalu memberikan pesan terutama kepada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin serta pemerintah daerah untuk fokus pada masalah yang belum selesai yakni menekankan angka kematian.

"Yang masih belum kita selesaikan, yang selalu saya sampaikan ke menkes, ke pemda urusan angka kematian betul-betul harus ditekan terus."

 

loading...


Penulis  : -
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com