• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pemkot Pangkalpinang Siap Sukseskan Akselerasi Vaksinasi Dan Bentuk Satgassus Covid-19

Rabu, 25 Agustus 2021 | 18:51 WIB
Caption. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam menghadiri rapat pembentukan Satgas Vaksinasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dilaksanakan secara virtual di ruang OR Kantor Wali Kota Pangkalpinang, selasa (24/8/2021)

KlikBabel.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam menghadiri rapat pembentukan Satgas Vaksinasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dilaksanakan secara virtual di ruang OR Kantor Wali Kota Pangkalpinang, selasa (24/8/2021).

Rapat dipimpin oleh Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah, yang menyatakan tujuan diadakan pertemuan hari ini yakni untuk mengurangi angka kenaikan kasus Covid-19 dan juga meningkatkan percepatan vaksinasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sehingga akan tercipta herd immunity masyarakat.

Rapat ini juga dihadiri oleh Wakapolres pangkalpinang, perwakilan dari dandim, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Direktur RSUD Depati Hamzah, Kepala KKP, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Sosial, Serta Camat di Lingkup Pemerintah Kota Pangkalpinang.

Sesuai instruksi Gubernur Erzaldi Rosman, perlu dibentuknya Satgassus untuk menekan angka kenaikan kasus konfirmasi Covid-19 dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan hingga tingkat kelurahan/desa di seluruh provinsi, antara lain :

• Satgassus Tracking dan Tracing, tujuannya meningkatkan jumlah tracing dan tracking kepada kontak erat pasien aktif yang terkonfirmasi Covid-19 sehingga dapat mengurangi penyebaran penularan kasus konfirmasi covid-19 dan mengurangi angka kematian yang disebabkan oleh Covid-19.

• Satgassus Vaksinasi, tujuannya akselerasi vaksinasi di Provinsi Bangka Belitung. Targetnya tahun 2021 sudah vaksin keseluruhan dalam kurun waktu dua hingga empat bulan. Diharapkan setiap kabupaten/kota membentuk posko vaksinasi hingga ke tingkat desa.

Satgas Vaksinasi Provinsi diketuai oleh Wakapolda. Untuk tingkat kabupaten/kota diketuai Wakapolres. Satgassus mempunyai tugas yang berbeda-beda sesuai dengan fungsinya dan terdiri dari unsur TNI-Polri, pemerintah daerah maupun swasta.

• Satgassus Pengendalian Ketersediaan Oksigen untuk penanganan Covid-19, tujuannya memantau tersediaan dan pendistribusian tabung oksigen bagi rumah sakit untuk penanganan Covid-19 dan tindakan medis lainnya.

• Satgassus Isoter (Isolasi Terpadu), tujuannya untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 dengan melakukan isolasi yang terpusat bagi pasien Covid-19 di seluruh kabupaten/kota hingga ke tingkat desa. Dengan ketersediaan tempat isoter ini diharapkan masyarakat yang melakukan isolasi mandiri dapat pindah ke tempat isoter agar lebih terpantau dan mengurangi penyebaran covid-19.

• Satgassus Anggaran.

Sekda Pangkalpinang Radmida Dawam mengatakan, target masyarakat Kota Pangkalpinang yang akan divaksin sebanyak 192.744 orang dan yang sudah tercapai sebanyak 67.130 orang atau sekitar 34,82 persen. Diakuinya kendala vaksinasi karena adanya keterlambatan pendistribusian vaksin ke Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang. Dia berharap hal ini dapat menjadi perhatian bagi Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung.

“Kota Pangkalpinang siap menyukseskan akselerasi vaksinasi dan siap membentuk satgas vaksinasi sesuai dengan arahan Gubernur Bangka Belitung,” ujarnya.

loading...


Penulis  : Farah
Editor    : septiani
Sumber : KlikBabel.com