• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pemkot Ikuti Webinar Terkait Refocusing Dan Realokasi Anggaran Percepatan Penanganan Covid-19

Jumat, 20 Agustus 2021 | 09:33 WIB
Caption : Pemkot Ikuti Webinar Terkait Refocusing dan Realokasi Anggaran Percepatan Penanganan Covid-19 di Ruang Pertemuan lantai 2 Kantor Wali Kota, Kamis (19/08/2021)

KlikBabel.com – Pemkot Pangkalpinang yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdako, Muhammad Syahrial menghadiri secara virtual acara webinar membahas refocusing dan realokasi anggaran dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional melalui zoom meeting, Kamis (19/8/2021) di Ruang Pertemuan lantai 2 Kantor Wali Kota Pangkalpinang

Dalam sambutannya Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Bima Arya Sugiarto mengatakan ada beberapa hal substansi yang menjadi perhatian terkait refocusing dan realokasi anggaran.

Muncul keberatan dari pemerintah daerah di Indonesia terkait tahapan-tahapan dari pemerintah pusat dalam hal penyelarasan perencanaan dengan memasukkan variabel-variabel baru di akhir waktu penyusunan anggaran.

“Ketika pemkot/pemda sudah berada di ujung persetujuan anggaran namun kembali harus menyesuaikan. Ketika timingnya di ujung, muncul persoalan yang tidak mudah diubah sehingga kembali menyelaraskan apa yang sudah direncanakan pemda dengan persetujuan dewan,” jelas Bima.

Selain itu ketika akan melakukan akselerasi dalam eksekusi refocusing dan realokasi anggaran muncul kendala dalam Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD). SIPD sendiri hal yang penting untuk aspek efisiensi dan transparansi.

Namun Bima bersyukur kendala terkait sistem tersebut bisa teratasi.

“Terima kasih kepada pak Dirjen Bina Keuangan Daerah, melakukan koordinasi intensif dengan teman-teman apeksi sehingga terjadi proses pendampingan. Ada kelas konsultasi SIPD yang sudah terlaksana,” ungkap syukur Bima.

Hal lain perlu menjadi perhatian ujar Bima yaitu kejelasan aspek hukum atas kebijakan terkait anggaran Covid-19 di kemudian hari. Sehingga koordinasi dari pusat sangat penting dalam memastikan prosedur sesuai arahan.

“Dengan webinar ini akan di dapat informasi penting terkait landasan aturan, juga sharing pengalaman ketika teman di daerah punya masalah eksekusi realokasi dan refocusing. Semua hal keluar dari forum ini bisa ditindaklanjuti pihak yang punya otoritas,” pungkas Wali Kota Bogor ini.

loading...


Penulis  : Farah
Editor    : septiani
Sumber : KlikBabel.com