• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Adet : Arsip itu penting dan ke otentikannya patut di jaga !

Rabu, 28 Juli 2021 | 10:46 WIB
Tim Panitia Khusus (Pansus) Ranperda tentang penyelenggaran kearsipan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan kunjungan kerja ke Dinas Kearsipan Kabupaten Bangka Selatan, Selasa (27/7/2021).

KlikBabel.com - Tim Panitia Khusus (Pansus) Ranperda tentang penyelenggaran kearsipan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan kunjungan kerja ke Dinas Kearsipan Kabupaten Bangka Selatan, Selasa (27/7/2021).

"Arsip ini sangat penting, dan di masing-masing OPD harus membuat suatu arsip yang baik, agar pada waktu pemeriksaan dari inspektorat ataupun instansi lainnya tidak berdampak pada hukum," tutur Adet Mastur, SH, MH, kepada awak media internal DPRD, usai pelaksanaan dialog dan diskusi antara tim pansus Ranperda Provinsi kepulauan Bangka Belitung yang dengan dinas terkait.

Selain itu Adet juga berharap aspek penerapan teknologi dan digitalisasi kearsipan di era digitalisasi informasi yang kian kompleks ini ke depannya harus lebih dinamis dan dapat terakomodir dalam perda sekaligus menjaga ke orisinalanya.

Ia menuturkan, perda yang akan dibuat nantinya dapat memuat sanksi kepada mereka yang sengaja menghilangkan arsip.

"Banyak kejadian-kejadian gedung yang tiba-tiba terbakar yang menjadi modus untuk menghilangkan arsip. Jadi arsip ini sangat penting buat para dinas  karena menjadi bukti otentik yang harus kita pertahankan. Untuk itu, DPRD lewat hak inisiatifnya mengeluarkan perda tentang penyelenggara kearsipan," tutup nya.

loading...


Penulis  : Mrs.Amanda
Editor    : septiani
Sumber : KlikBabel.com