• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Komisi II DPRD Babel Tinjau Balai Benih Pertanian

Kamis, 22 Juli 2021 | 22:17 WIB
Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan kunjungan kerja ke Balai Benih Pertanian di Jalan Raya Penagan, Desa Air Buluh, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, kamis (22/07/2021)

KlikBabel.com - Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang di komandoi Adet Mastur, didampingi  anggota Komisi II DPRD Babel, antara lain, Mansah, Arbiyanto, Warkamni dan Edi Junaidy Foe, melakukan kunjungan kerja ke Balai Benih Pertanian.

Ketua komisi II DPRD Babel, Adet Mastur, menjelaskan, ditengah pandemi covid-19 sektor pertanian menjadi salah satu sektor yang mampu menunjang peningkatan perekonomian daerah.

"Jika berbicara sektor pariwisata, kunjungan wisatawan luar menurun, kita hanya mengandalkan wisatawan lokal yang masuk ke objek wisata. Jadi jika hanya mengharapkan sektor pariwisata kita tidak bisa berbuat apa-apa", ujarnya, di UPTD Balai Benih Pertanian dinas pertanian dan ketahanan pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Jalan Raya Penagan, Desa Air Buluh, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, kamis (22/07/2021)

Lebih jauh ia menjelaskan, terkait inflasi, Bangka Belitung termasuk salah satu provinsi tingkat inflasi nya tinggi diindonesia, pasalnya, kebutuhan sembilan bahan pokok didatangkan dari luar pulau  yakni pulau Sumatera dan Jawa.

"Kami yang ada di komisi II ini berupaya untuk menurunkan inflasi. upaya -upaya yang akan kami lakukan dalam mengantisipasi inflasi daerah ini, salah satunya bergerak di bidang pertanian", jelasnya.

Mulai tahun 2022, cita -cita provinsi kepulauan bangka belitung yakni ingin mewujudkan provinsi bangka belitung swasembada beras dan swasembada daging.

" Kenapa kami datang kesini, karena bermula dari sinilah seluruh bibit -bibit yang unggul yang harus kita salurkan kepada masyarakat ", terangnya.

Kedatangan komisi II DPRD Babel, disambut langsung, Jamaluddin kasubag TU BPP, dr. Yuhendra Kepala Seksi Produksi dan beberapa pegawai balai benih pertanian (BPP).

Pada kesempatan yang sama, Jamaluddin kasubag TU BPP, menyambut baik kedatangan komisi II dan mengapresiasi program yang disampaikan komisi II dan akan mendukung agar swasembada beras dan daging segera terwujud.

Balai benih pertanian ini sebagai sumber benih,  membiakkan dan memproduksi bibit-bibit pertanian seperti ketahanan  pangan, holtikultura, perkebunan maupun  peternakan.

Jumlah pegawai di UPTD Balai benih Pertanian Babel sebanyak sembilan orang PNS dan UPTD dengan areal seluas 200 hektar, sekitar 100 hektar dimanfaatkan sebagai lahan penanaman pakan sapi, tanaman sawit dan berbagai tanaman buah, selain itu terdapat tempat penangkaran bibit, Peternakan Sapi  dan Peternakan Ayam merawang.

"Program komisi II ini sangat bagus sekali Pak, yaitu swasembada beras dan swasembada daging. Kami di balai benih sangat mendukung sekali, Mudah-mudahan itu cepat tercapai ", ujarnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, karena keterbatasan anggaran, balai benih pertanian hanya melakukan kegiataan pada komoditas yang diminati dan bisa diterapkan petani bangka belitung.

"bibit unggul di balai benih pertanian merupakan bibit yang telah tersertifikasi oleh kementerian pertanian", kata, Jamaluddin kasubag TU BPP.

loading...


Penulis  : Farah
Editor    : septiani
Sumber : KlikBabel.com