• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Guru Besar FK UI: Kasus Covid-19 Indonesia Seolah Turun, Padahal Testing Berkurang

Rabu, 21 Juli 2021 | 11:55 WIB
Ilustrasi Covid-19 (Elements Envato)

KlikBabel.com - Guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof Soedjatmiko menyatakan bahwa kasus pandemi Covid-19 di Indonesia menurun karena testing yang juga berkurang.

Soedjatmiko menilai masa berlaku kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM memang perlu diperpanjang agar penularan di masyarakat bisa terkendali, namun jumlah testing juga perlu diperbanyak.

"PPKM Darurat harus diperpanjang karena angka kematian masih meningkat tajam, kemungkinan penularan masih meningkat tajam, walau kasus baru seolah menurun, mungkin karena tracing yang menurun," kata Soedjatmiko, Rabu (21/7/2021).

Dia juga meminta pemerintah untuk tegas menindak pelanggar protokol kesehatan dan aturan PPKM di masyakarat agar lonjakan pandemi bisa segera mereda.

"Jangan ragu untuk menindak pelanggar karena untuk keselamatan kita semua. Selain patuh pada aturan PPKM Darurat, masyarakat juga perlu disiplin pada penerapan protokol kesehatan," ujarnya.

Soedjatmiko juga meminta orang yang memang harus tetap bekerja keluar selama PPKM untuk mandi dan ganti pakaikan sepulangnya ke rumah agar tidak terjadi klaster keluarga.

Diketahui, Pemerintah memperpanjang masa berlaku PPKM di Pulau Jawa dan Bali hingga 25 Juli 2021, namun namanya kini bukan lagi PPKM Darurat.

Pemerintah mengganti istilah PPKM Darurat Jawa-Bali melainkan PPKM Level 4 Jawa-Bali.

Keputusan itu disematkan dalam judul Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 22 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali.

Baca Juga: Kasus Positif Turun Karena Testing Berkurang, Begini Alasan Satgas Covid-19

Tidak ada perbedaan signifikan dari PPKM Level 4 ini dibanding dengan Inmendagri yang mengatur pembatasan kegiatan masyarakat sebelumnya.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjanjikan pelonggaran pembatasan jika sampai 25 Juli 2021 kasus pandemi Covid-19 terus menurun.

loading...


Penulis  : -
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com