• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Kondisi Jetty Nelayan Air Menduyung Rusak Parah, Komisi II DPRD Minta Pembangunannya Diprioritaskan.

Sabtu, 17 Juli 2021 | 10:46 WIB
Komisi II DPRD Bangka Belitung memdatangi lokasi guna melihat dari dekat kondisi terkini tambatan perahu di Desa Air Menduyung, Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat (16/7/2021).

KlikBabel.com - Menerima laporan masyarakat terkait kondisi Jetty yang rusak parah, Komisi II DPRD Bangka Belitung memdatangi lokasi guna melihat dari dekat kondisi terkini tambatan perahu di Desa Air Menduyung, Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat (16/7/2021).

"Ada 6 titik yang kami kunjungi, dan ini yang terparah. Padahal inilah salah satu penggerak ekonomi masyarakat, makanya kami dorong ada perbaikan, insya Allah di 2022 disamping perbaikan untuk tambatan perahu di desa lainnya secara bertahap," kata Adet Mastur, SH, MH, sebagai Ketua Komisi II DPRD Babel.

Politisi asal partai PDIP ini meninjau tempat tambatan perahu nelayan Air Menduyung itu bersama anggota lainnya, Edy Junaidi Foe, Heryawandi, Abriyanto dan Mansah. Dari amatan Komisi II DPRD Babel selama kunjungan kerja ini, di dapati kondisi tambatan perahu nelayan Air Menduyung yang terparah di antara yang pernah di lihat di Babel.

Keprihatinan dirasakan para anggota dewan ini setelah melihat kondisi tambatan perahu yang sering dipakai para nelayan sehari-hari untuk melaut tersebut.

Komisi II menilai tambatan dengan titian berupa kayu yang di susun alakadarnya sangat rentan dan mengancam keselamatan para nelayan serta warga yang melintas.

Diakui Ketua Komisi II, sebenarnya pembangunan dermaga untuk nelayan Air Menduyung ini sudah masuk dalam perencanaan untuk dilaksanakan tahun ini. Namun terkena imbas refocusing.

Komisi II pun bersepakat, pemugaran tambatan perahu ini perlu dilakukan sesegera mungkin. Pihaknya siap mendorong anggaran pembangunan dermaga bagi nelayan Air Menduyung di tahun 2022.

"Kita upayakan ini menjadi skala prioritas, karena memang sudah harus diperbaiki," jelas Ketua Komisi II Adet Mastur, SH, MH.

Lebih lanjut ia meminta semua pihak untuk tidak berpolemik lagi soal ini, "Kami harap ini dapat dianggarkan kembali, karena sudah menjadi kebutuhan mendesak nelayan," ibuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Air Menduyung Kasdan memberikan apresiasi atas kepedulian Komisi II DPRD Babel untuk terus memperjuangkan pembangunan jetty di Air Menduyung.

"Memang keluhan yang disampaikan oleh masyarakat sesuai fakta, artinya wajar masyarakat kita mengeluh melihat kondisi ini," ujar Kasdan.

Kepala Desa Air Menduyunh ini berharap, pembangunan jetty di Dermaga Air Menduyung ini benar-benar dapat terealisasi pada 2022 mendatang.

"Jadi pada tahun 2022, tolong diprioritaskan dermaga ini, karena mayoritas masyarakat kita berkerja sebagai nelayan," harapnya

loading...


Penulis  : Mrs.Amanda
Editor    : septiani
Sumber : KlikBabel.com