• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Bupati Mulkan Buka Monev PONED, di Puskesmas Petaling

Rabu, 14 Juli 2021 | 08:47 WIB
Bupati Bangka, Mulkan SH MH, Selasa (13/6/2021), menghadiri kegiatan Monitoring dan Evaluasi Puskesmas Mampu Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED), di Puskesmas Petaling.

KlikBabel.com - Bupati Bangka, Mulkan SH MH, Selasa (13/6/2021), menghadiri kegiatan Monitoring dan Evaluasi Puskesmas Mampu Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED), di Puskesmas Petaling.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka, Then Suyanti dalam laporannya menyebutkan, kegiatan ini bersifat pembinaan peningkatan sistem rujukan yang berada pada pelayanan dasar masyarakat di desa-desa.

"Peserta, sebanyak 40 orang, Bidan dari beberapa desa, di Kabupaten Bangka. Pelaksanaan kegiatan ini juga berlangsung di sejumlah kawasan di Kabupaten Bangka," jelasnya.

Bupati Bangka, Mulkan SH MH dalam sambutannya mengatakan, dirinya
atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka, mengucapkan terima kasih kepada Dinkes yang telah memfasilitasi kegiatan Monev, ini.

Hal ini sehingga, kegiatan dapat diikuti dan terlaksana dengan sebaik-baiknya, pada hari ini.

"Dan juga kepada para peserta, yang telah hadir pada hari ini, baik itu pak camat dan juga dari Forkomincam kita, para Kades juga," ungkap Mulkan.

Dia berujar, memang kegiatan Monev di sejumlah Puskesmas terkait, baru dilaksanakan pada tahun ini. Pelaksanaan Monev tersebut juga sangat penting, menyangkut keselamatan ibu dan anak.

Untuk itu dirinya berharap, masyarakat dapat mempunyai komitmen bersama, untuk menekan angka kematian ibu dan anak. Karena, jauh sebelumnya, bupati telah menyampaikan juga kepada semua bidan di daerah, dimana peran para bidan sangatlah penting.

"Keselamatan para ibu dan anak, saat melakukan persalinan berada ditangan para bidan. Melalui Monev inilah kita dapat melakukan persiapan dengan baik," sebut Bupati Bangka ini.

Diteruskan orang nomor satu di Kabupaten Bangka itu, ketika terjadinya suatu hal yang tanpa diduga terjadi terhadap ibu ataupun sang anak, saat persalinan, para bidan dapat lebih siap menangani pasien tersebut, melalui terlaksananya kegiatan Monev ini.

Katanya lagi, Puskesmas merupakan pelayanan dasar untuk masyarakat. Hal ini, sangat memungkinkan kiat pemerintah daerah (Pemda) agar menyiapkan pelayanan baik bagi masyarakat.

"Seperti halnya pelayananan dasar yang ada di desa-desa. Kita harus memberikan pelayanan ataupun keinginan masyarakat. Dalam memperoleh pelayanan dasar," paparnya.

Lebih lanjut, dirinya bercita-cita agar Pemkab akan terus melakukan komunikasi terhadap Puskesmas-puskesmas di daerah, agar mengetahui beberapa kendala maupun kekurangan pelayanan di daerah.

"Ini yang harus kita lakukan, sehingga kita harus cepat menanggapi kekurangan itu. Agar tidak ada kekurangan dalam segi pelayanan kepada masyarakat," tutup Mulkan.

loading...


Penulis  : Farah
Editor    : septiani
Sumber : KlikBabel.com