• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung Gelar Workshop Computational Thinking bagi Guru SD dan SMP se Kabupaten Bangka

Selasa, 29 Juni 2021 | 13:43 WIB
Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung Gelar Workshop Computational Thinking

KlikBabel.com - Di dunia yang berteknologi tinggi dan selalu berubah saat ini, semakin jelas bahwa siswa harus mampu berpikir kritis dan menyelesaikan masalah yang kompleks dan tidak jelas agar benar-benar berkembang di lingkungannya. Salah satu cara yang dapat mengembangan pemikiran kristis anak adalah dengan penerapan pemikiran komputasional (Computational Thinking).

Computational Thinking (CT)  pada dasarnya adalah kerangka kerja untuk menggambarkan serangkaian pemikiran kritis dan keterampilan pemecahan masalah, dan telah memperoleh daya tarik yang signifikan sebagai cara berpikir yang layak dan berguna tentang bagaimana mengajarkan keterampilan ini dalam pengaturan pendidikan formal.

Meskipun CT bukan satu-satunya cara untuk mendekati keterampilan ini, CT menyediakan cara untuk melihat masalah sehingga menghasilkan solusi otomatis atau semi-otomatis yang memanfaatkan kemampuan unik teknologi komputer. Oleh karena itu, kemampuan CT perlu diasah secara terus menerus, agar menjadi kebiasaan bahkan membudaya.

Menyadari bahwa masih banyak guru di Indonesia yang belum mengenal CT, maka kemampuan CT perlu ditumbuhkan ke siswa, melalui pengenalan CT kepada guru.

Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung sebagai salah satu biro program Gerakan PANDAI, menyelenggarakan kegiatan workshop Pengenalan Computational Thinking bagi guru SD dan SMP yang ada di Kabupaten Bangka.

Workshop akan diikuti oleh sebanyak  501 orang guru SD dan SMP yang ada di Kabupaten Bangka, yang terdiri dari 361 guru SD dari 32 sekolah dan 100 orang guru SMP dari 8 sekolah ditambah guru inti sebanyak 40 orang. Kegiatan ini akan dibagi dalam beberapa gelombang.

Kegiatan pada gelombang pertama  telah dimulai tanggal 29 Mei 2021 bertempat di SMP Negeri 5 Sungailiat Bangka, yang dibuka oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Bangka oleh bapak Rozali, S.H., M.Si. Pada acara pembukaan ini dihadiri oleh Bapak Kepala Sekolah SMP negeri 5 Sungailiat Bangka, Bapak Wakil Direktur I Polmanbabel Bidang Akademik, Tim Biro Bebras Bangka (Koordinator, Para Narasumber, dan Panitia Pelaksana), serta peserta workshop yang terdiri dari 40 orang Guru Inti dari 40 Sekolah SD dan SMP yang ada di Bangka Belitung.

Kegiatan Workshop gelombang kedua diadakan di SD Negeri 32 Sungailiat Bangka yang dihadiri oleh sebanyak 40 orang guru SD (12 orang SDN 4, 12 orang SDN 6 , 16 orang SD 32)

Kegiatan Workshop gelombang ketiga diadakan di SD Negeri 10 Sungailiat Bangka yang dihadiri oleh sebanyak 37 orang guru SD (25 orang SDN 10, 12 orang SDN 15).

Kegiatan Workshop gelombang keempat diadakan di SD Negeri 29 Sungailiat Bangka yang dihadiri oleh sebanyak 35 orang guru SD (12 orang SDN 29, 13 orang SDN 19 , 10 orang SDN 18).
 

loading...


Penulis  : Mrs.Amanda
Editor    : septiani
Sumber : KlikBabel.com