• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pegawai KPK Segera Dilantik Jadi ASN, Giri Suprapdiono: Garudaku Berlinang

Senin, 31 Mei 2021 | 11:50 WIB
Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Giri Suprapdiono. (Suara.com/Yasir)

KlikBabel.com - Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Giri Suprapdiono mengunggah sebuah tulisan jelang pelantikan pegawai KPK.

Diketahui, pelantikan pegawai KPK menjadi ASN akan dilakukan pada 1 Juni 2021.

Giri Supradiono menjadi salah satu pegawai KPK yang dinyatakan tak lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Terkait pelantikan tersebut, dirinya mencuitkan tulisan mengenai asa dari 75 pegawai KPK yang tak lolos TWK.

Tulisan itu dia bagikan melalui akun Twitter pribadinya @girisuprapdiono, Senin (31/5/2021).

Dirinya mengatakan bahwa pada 1 Juni 2021 dia bersama pegawai KPK yang tak lolos TWK tidak akan berdiri di tempat pelantikan.

"Besok...1 Juni 2021. Kami tak berdiri di karpet itu lagi. Di gedung merah putih gedung yang dibangun penuh perjuangan keringat dan air mata dari kumpulan receh koin, dari si miskin pun ada," ujarnya.

"Merah itu akan pudar. Putih itu pun kusam. Garudaku berlinang. 75 anak bangsa adalah asa," lanjutnya.

Perlu diketahui, Giri merupakan salah satu pegawai KPK yang pada Desember 2020 meraih penghargaan Makarti Bhakti Nigari Award 2020 dari Lembaga Administrasi Negara.

Dia menilai kontradiksi ketika kemudian dinyatakan tidak lolos tes.

Sebelumnya, ratusan Pegawai Tetap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengirimkan surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menunda pelantikan pegawai KPK yang lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebagai syarat alih status menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dalam suratnya, disebutkan bahwa seharusnya pimpinan KPK mengikuti amanat Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 serta Keputusan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia Nomor 70/PUU-XVII/2019 dalam proses alih status pegawai menjadi ASN.

Mereka mengaku telah meminta Pimpinan KPK agar mengikuti amanat perundangan untuk mengalihkan status kepegawaian seluruh Pegawai Tetap dan Pegawai Tidak Tetap KPK menjadi ASN sesuai Undang-Undang.

"Namun permintaan kami tersebut sampai dengan saat ini tidak dipedulikan oleh Pimpinan KPK terbukti dari terbitnya perintah dari Pimpinan KPK untuk pelaksanaan Pelantikan Pegawai KPK sebagai ASN pada tanggal 01 Juni 2021 yang akan datang," tulis surat mereka.

Mantan Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyebut sudah ada 693 pegawai KPK yang lolos TWS ikut serta dalam surat terbuka ini, mereka menolak pemecatan pegawai KPK berintegritas dan tak mau terjebak narasi adu domba polemik TWK.

loading...


Penulis  : -
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com