• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Terima Tantangan Gubernur, Mahasiswa Polman Timah Ciptakan Mesin Turbojet

Kamis, 27 Mei 2021 | 08:05 WIB
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menyaksikan uji coba kapal nelayan mengunakan mesin turbojet buatan mahasiswa Politeknik Manufaktur Timah (Polman Timah) di Pelabuhan Ikan Kampung Nelayan 2, Kabupaten Bangka, Rabu (26/5/2021).

KlikBabel.com - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menyaksikan uji coba kapal nelayan mengunakan mesin turbojet buatan mahasiswa Politeknik Manufaktur Timah (Polman Timah) di Pelabuhan Ikan Kampung Nelayan 2, Kabupaten Bangka, Rabu (26/5/2021).

Saat menyaksikan uji coba, Gubernur Erzaldi mengatakan tujuan dari semua ini untuk memberikan nilai tambah bagi para nelayan. Maka Orang nomor satu di Babel itu memberikan tantangan kepada mahasiswa Polman Timah untuk menyumbang teknologi yang mereka miliki untuk membantu para nelayan di Sungailiat. 

"Turbojet ini hasil karya mahasiswa polman timah yang menerima tantangan dari saya, dan mereka berhasil menciptakan dan inilah hasilnya, "ungkap Gubernur.

Bang ER, sapaan akrabnya berharap turbojet ini dapat meringankan beban para nelayan untuk menangkap ikan di laut dengan biaya produksi rendah.

"Teknologi turbojet ini dapat meringankan beban para nelayan, konsumsi BBM sangat irit, meminimalisir kerusakan baling-baling, serta mengurangi resiko ketika berlayar. Oleh karena itu turbojet ini nantinya sangat dibutuhkan oleh nelayan kita," ungkapnya.

Dalam uji coba mesin kapal nelayan mengunakan turbojet tersebut, masyarakat serta para nelayan dengan penuh antusias menyaksikan dikarenakan teknologi seperti ini untuk pertama kali digunakan bagi nelayan sungailiat. 

Direncanakan, pengembangan turbojet akan dilakukan kerjasama antara Polman Timah dengan SMKN II Pangkalpinang. 

Hal senada diungkap Guru Pembimbing dari Mahasiswa Polman Timah, Hardiansyah yang mengungkapkan bahwa keuntungan kapal nelayan mengunakan turbojet antara lain, kapal dapat melaut dengan lancar, karena baling - baling turbojet terlindungi, dan pengunaan bahan bakar lebih irit. 

"Sistem penggerak tersebut memanfaatkan teknologi Turbo Water Jet Drive produk 3D printing yang dipasang pada perahu berteknologi Fused Deposition Modelling (FDM),” jelasnya.

Sementara Tokoh Masyarakat setempat, Daeng yang berharap uji coba turbojet ini dapat dikembangkan lebih luas, agar seluruh para nelayan nantinya dapat mengunakannya. 

"Kami berharap turbojet ini dikembangkan lebih luas, karena dari hasil uji coba tadi sangat cocok untuk nelayan ke laut," pungkas daeng. 

Pada kegiatan ini turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Babel, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Babel, Dosen Polman Timagh, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta para nelayan setempat. 

loading...


Penulis  : Farah
Editor    : septiani
Sumber : KlikBabel.com