• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pemkot Pangkapinang Ikuti Sosialisasi Bahasa Dan Hukum, Sekda Harap Lembaga Pemerintah Mengimplementasikan

Jumat, 30 April 2021 | 09:16 WIB
Caption. (seftia) Sekda Pangkalpinang, Radmida Dawam menerima Kamus Bahasa Melayu Bangka-Indonesia yang diberikan Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Hotel Cordela, Kamis (29/4/2021)

KlikBabel.com – Sejumlah OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkup Pemerintah Kota Pangkalpinang mengikuti sosialisasi bahasa dan hukum bagi lembaga pemerintah yang diadakan Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (29/4/2021). Acara yang digelar di Hotel Cordela ini diikuti sekitar 30 orang peserta.

Sekda Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam membuka sosialisasi yang dimulai sekira pukul 09.00 WIB. Menurut Radmida, kegiatan ini sangat penting dilaksanakan agar dapat mengimplementasikan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dia menyebut, lembaga publik dan pemerintah memang seharusnya menggunakan bahasa yang baik dan benar. Meski pun demikian, untuk menjaga kearifan lokal bahasa daerah tetap dipakai, namun di ruang publik tentu Bahasa Indonesia yang digunakan.

“Pemkot menyambut baik kegiatan ini. Era digitalisasi ini, orang banyak memberi kritik dimedia sosial. Kami menerima kritikan itu, tidak alergi kritikan. Tapi gunakan bahasa yang baik dan santun,” ujar Radmida.

Dia juga menyambut baik adanya pembaharuan penandatanganan kerja sama dengan Kantor Bahasa terkait penggunaan bahasa di ruang publik dan produk hukum sehingga bahasa yang digunakan mudah dicerna dan tidak menimbulkan multitafsir.

Sementara itu, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yani Paryono menuturkan, Pangkalpinang sudah mencanangkan penggunaan Bahasa Indonesia di ruang publik pada 2016 lalu. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pemkot terkait pengutamaan pengunaan bahasa negara di ruang publik tersebut.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pemkot dan diusahakan tanda tangan kerja sama terkait itu,” ujarnya.

Dia berharap aparat dapat menjadi teladan bagi penggunaan bahasa negara karena bahasa yang digunakan mencerminkan jati diri bangsa.

loading...


Penulis  : Farah
Editor    : septiani
Sumber : KlikBabel.com