• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Apa Itu ROV yang Temukan KRI Nanggala-402?

Selasa, 27 April 2021 | 08:35 WIB
Apa itu ROV - Bagian kapal KRI Nanggala 402 hasil citra Remotely Operated Vehicle (ROV) MV Swift Rescue ditunjukkan saat konferensi pers di Lanud I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Minggu (25/4/2021). [ANTARA FOTO/Fikri Yusuf]

KlikBabel.com - Setelah dikabarkan hilang kontak pada 21 April 2021, akhirnya keberadaan kapal selam Nanggala 402 ditemukan pada 25 April 2021. Penemuan kapal selam Nanggala tak lepas dari bantuan robot penyelam ROV (Remotely Operated Vehicle). Lantas, apa itu Rov, pencari KRI Nanggala-402?

Beberapa alat bantu dikerahkan dalam proses pencarian kapal selam Nanggala 402 yang hilang kontak pada 21 April 2021 di perairan Bali. Salah satu alat bantu yang digunakan dalam proses pencarian yaitu robot penyelam ROV.

Robot penyelam ini didatangkan oleh tim Basarnas (Badan Pencarian dan Penyelamatan Nasional) dari Jakarta. Berikut ini penjelasan apa itu ROV, pencari KRI Nanggala-402.

Apa Itu ROV?

ROV (Remotely Operated Vehicle) merupakan robot penyelam yang tidak memiliki awak. Robot penyelam ini berfungsi untuk mengamati benda yang ada di dalam laut.

Hal yang harus dipastikan sebelum robot penyelam tersebut diterjunkan ke dalam laut, yakni menentukan titik lokasi. Untuk menentukan titik lokasi, biasanya akan ditandai oleh tim KRI yang sudah berada di lokasi pencarian.

Setelah itu, ROV akan diterjunkan ke titik yang sudah ditentukan untuk memastikan keberadaan objek yang sedang dicari. Dalam proses pencarian tersebut, ROV sudah dilengkapi lampu penerangan dan kamera. Kemudian sonar dikeluarkan guna mendeteksi keberadaan objek di dalam laut.

Diketahui, ROV ini dikenalkan ke publik sekitar tahun 1980-an. Robot penyelam ROV ini dirancang khusus untuk area lepas pantai yang tak mampu dijangkau oleh para penyelam.

Biasanya, ROV digunakan untuk proses penyelamatan laut dalam serta untuk memulihkan objek yang berada di dasar laut.

Dalam proses pencarian kapal selam Nanggala-402 melibatkan robot penyelam ROV milik Polri serta ROV bantuan dari Singapura.

Dalam proses kerjanya,ROV milik Polri memiliki kemampuan untuk mendeteksi objek di bawah laut dengan kedalaman 200 sampai 300 meter.  Sedangkan ROV milik Singapura mempunya kemampuan untuk mendeteksi objek bawah laut dengan kedalaman mencapai 900 meter.

Demikianlah informasi mengenai apa itu Rov, pencari Kri Nanggala-402. Kini kapal selam Nanggala telah ditemukan dan dinyatakan tenggelam serta seluruh awak kapal dinyatakan gugur. Semoga awak kapal yang gugur mendapatkan tempat terbaik disisi-Nya.

loading...


Penulis  : -
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com