• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Puasa saat Hamil Seperti Nagita Slavina? Ini Makanan yang Dibutuhkan!

Sabtu, 17 April 2021 | 15:48 WIB
Tangkapan layar Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.[Youtube/RANS Entertainment]

KlikBabel.com - Nagita Slavina sempat tetap menjalankan ibadah puasa Ramadhan ketika hamil anak kedua. Tetapi, Istri Raffi Ahmad itu mengaku terus-menerus merasa mual selama mencoba berpuasa.

Dokter pun mengingatkan Nagita Slavina untuk mengukur kemampuan tubuhnya jika ingin berpuasa. Apalagi, sekarang ini kehamilan Nagita Slavina masih dalam trimester pertama.

Berpuasa ketika usia kehamilan masih trimester pertama memang akan lebih berat dan berisiko. Pada trimester pertama kehamilan ini, ibu hamil harus memperhatikan asupan nutrisinya yang akan berdampak pada tumbuh kembang janin.

Bukan berarti ibu hamil dilarang berpuasa. Namun, ada bebarapa hal yang perlu diperhatikan ibu hamil jika ingin berpuasa, khususnya asupan gizi dan hidrasi tubuh.

Berikut ini dilansir dari Hellosehat. ada beberapa jenis makanan yang seharusnya dikonsumsi oleh ibu hamil ketika puasa.

1. Makanan bergizi seimbang

Makanan yang mengandung karbohidrat, protein hewani dan nabati, lemak, vitamin, serta mineral termasuk golongan makanan bergizi seimbang. Contohnya, nasi, sayuran hijau, ikan, tahu dan tempe, buah serta susu. Makanan bergizi seimbang akan membantu memenuhi kebutuhan gizi janin.

2. Karbohidrat kompleks

Makanan karbohidrat kompleks sangat dibutuhkan ketika ibu hamil berpuasa, karena biasanya membutuhkan waktu lama untuk dicerna sehingga rasa lapar akan muncul lebih lama. Selain itu, serat juga berfungsi mencegah konstipasi.

Adapun makanan karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, roti gandum. pasta gandum, oatmeal, kacang-kacangan. Ada pula makanan yang mengandung serat, seperti sayur, buah, kacang-kacangan, gandum dan biji-bijian.

3. Protein

Konsumsi makanan berprotein tinggi juga penting bagi ibu hamil selama berpuasa. Contohnya, daging, ikan, telur dan kacang-kacangan yang mengandung tinggi protein.

4. Hindari makanan manis

Saat berpuasa, seseorang cenderung mengonsumsi makanan manis yang bisa meningkatkan kadar gula darah dan bisa menurunkannya secara drastis setelahnya.

Kebiasaan makan manis ini bisa menyebabkan ibu hamil menjadi lebih lemas dan merasa lapar. Jadi, lebih baik menghindari makanan manis dan menggantinya dengan konsumsi buah-buahan manis.

5. Hindari lemak tinggi

Konsumsi makanan berlemak tinggi juga tidak baik bagi ibu hamil yang sedang berpuasa, seperti gorengan, pizza, burger, daging berlemak, kulit ayam dan lainnya. Cobalah ganti dengan lemak baik seperti alpukat, kacang, minyak ikan dan Keju.

6. Makanan tinggi kalsium

Susu, Keju, yogurt, sayuran hijau dan ikan merupakan makanan yang mengandung banyak kalsium. Makanan ini akan membantu memenuhi kebutuhan kalsium untuk janin dalam kandungan.

loading...


Penulis  : -
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com