• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Doa Penenang Hati dan Pikiran

Sabtu, 17 April 2021 | 17:33 WIB
Doa penenang hati - Ilustrasi berdoa, shalat, ibadah. [Shutterstock]

KlikBabel.com - Berikut bacaan doa penenag hati dan pikiran yang dapat Anda baca. Setiap orang pasti tidak akan jauh dari perasaan gunda gulana maupun tak akan lepas dari permasalahan hidup. Setiap orang tentunya memiliki permasalahan hidup masing-masing yang membuat hati gelisah dan sedih.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjauhkan diri dari gelisah dan rasa sedih, salah satunya adalah dengan memohon pertolongan kepada Allah SWT dengan selalu mengamalkan doa penenang hati.

Sebagai umat muslim diwajibkan untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Untuk itu, simak doa-doa penenang hati yang dapat diamalkan.

1.     Allahumma Inni audzubika minal hammi wal huzni wal ajzi wal kasali wal bukhli wal jubni wal dholaid daini wa gholabatir rijali.

Artinya: "Ya Tuhanku, aku berlindung kepadaMu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban utang serta tekanan orang-orang jahat."

2.     Rabbish rahli sadri. Wayassirli amri. Wahlul uqdatam millisani. Yafqahu qauli.

Artinya: "Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka faham ucapanku.

3.     Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika.

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu."

4.     Rabbanaa afrig 'alainaa shabraw wa tsabbit aqdaamanaa wanshurnaa 'alal qaumil kafirin. (QS. Al Baqarah ayat 250)

Artinya: “Ya Tuhan kami limpahkanlah kesabaran pada kami, kokohkanlah langkah kami, dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

5.     Allahumma la sahla illa ma ja'altahu sahla, wa anta taj'alul Hasna idza syi'ta sahla.

Artinya: Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.

Apabila hati dan pikiran merasa gelisah sehingga merasa tidak tenang dan selalu merasa sedih. Dengan membaca doa penenang hati dapat menjadikan diri kita senantiasa lebih tenang. 

 

loading...


Penulis  : -
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com