• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Cegah Dehidrasi saat Berpuasa, Terapkan Pola 2-4-2

Rabu, 14 April 2021 | 11:40 WIB
Ilustrasi air minum. (Pexels/Pixabay)

KlikBabel.com - Dalam kondisi normal, tubuh manusia memerlukan asupan air minimal sebanyak dua liter dalam sehari atau setara delapan gelas air putih. Jika asupan cairan ini tidak terpenuhi, salah satu dampak yang sering terjadi adalah dehidrasi atau kekurangan cairan.

Dehidrasi dapat mengakibatkan bibir dan kulit menjadi kering, lemas, pusing, dan warna urine gelap.

Lantas, jika seseorang sedang berpuasa, bagaimana cara yang tepat untuk dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh ini? Halodoc melansir, kamu dapat mencoba pola 2-4-2 sebagai aturan minum yang diterapkan saat berpuasa. Apa sih maksudnya pola 2-4-2?

2 gelas air putih ketika berbuka

Cobalah untuk memulai buka puasa dengan meneguk air putih terlebih dahulu sebelum berlanjut menyantap makanan. Setidaknya minum dua gelas air putih atau lebih secara berkala saat berbuka. Air putih tersebut bermanfaat untuk mengganti cairan tubuh yang hilang setelah berpuasa seharian.

4 gelas air putih ketika makan malam

Minum air putih dilanjutkan saat makan malam sampai sebelum tidur. Usahakan untuk dapat minum sebanyak 4 gelas di malam hari dengan pembagian waktu yaitu satu gelas sebelum makan, satu gelas setelah makan, satu gelas setelah tarawih, dan satu gelas sebelum tidur.

Minum air putih ketika sebelum dan setelah makan dapat membuat proses pencernaan makanan menjadi lebih lancar.

2 gelas air putih ketika sahur

Ketika sahur disarankan minimal minum dua gelas air putih, yaitu satu gelas saat bangun tidur atau sebelum makan dan satu gelas setelah makan. Pastikan minum air putih dengan cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan selama berpuasa.

Sebenarnya kamu juga dapat mengonsumsi minuman lain selain air putih agar cairan tubuh tercukupi, misalnya air kelapa, teh manis, atau jus buah. Minuman dengan kandungan gula dapat mengembalikan energi tubuh agar tidak mudah lemas.

Akan tetapi, perlu dicatat ada baiknya untuk menghindari minuman dengan pemanis buatan. Selain itu, jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan atau minuman manis ya.

 

loading...


Penulis  : -
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com