• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Amalan Menjelang Ramadhan dari Puasa Sunnah hingga Memperbanyak Doa

Jumat, 09 April 2021 | 16:51 WIB
Ilustrasi amalan menjelang Ramadhan, pasangan muslim sedang berdoa. (Shutterstock)

KlikBabel.com - Bulan Ramadhan 1442 H tahun ini akan segera tiba yang telah menjadi momen yang paling ditunggu oleh setiap umat muslim di seluruh dunia. Apa saja amalan menjelang bulan Ramadhan yang dapat ditunaikan?

Seluruh umat muslim di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang penuh dengan rahmat dan keberkahan bagi siapa saja yang melaksanakan amalan-amalan di bulan ini. Oleh karena itu, dengan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, setiap umat muslim melakukan amalan-amalan yang dapat memberikan pahala yang berlimpah.

Amaln Menjelang Bulan Ramadhan ini memiliki keutamaan yang besar bagi siapapun yang melaksanakannya. Bulan Ramadhan menjadi bulan istimewa bagi umat muslim untuk mengumpulkan pahala yang berlimpah.

Untuk itu, umat muslim harus mempersiapkan diri menjelang datangnya bulan suci Ramadhan dengan melakukan beberapa amalan-amalan yang diterapkan dan dibiasakan sehari-hari. Berikut adalah amalan-amalan menjelang Ramadhan.

1. Saling Memaafkan

Memasuki bulan suci Ramadhan, setiap umat muslim harus suci lahir dan batin. Yang dimaksud dengan suci lahir dan batin adalah suci dari segala pikiran buruk, dendam, masalah hati, selalu menjaga kesehatan, kebersihan dan lainnya.

Oleh karena itu, memasuki bulan Ramadhan hendaknya saling memaafkan. Dengan memaafkan dapat membebaskan diri dari kesalahan pada orang lain agar ibadah puasa dapat berjalan dengan lancar dan penuh dengan keberkahan.

2. Menunaikan Puasa Sunnah di Bulan Syaban

Menunaikan ibadah puasa sunnah di bulan Syaban menjadi salah satu amalan yang dapat dilakukan oleh umat muslim dalam menjelang bulan suci Ramadhan. Namun dalam jangka waktu satu atau dua hari memasuki bulan Ramadhan, umat muslim dilarang untuk menunaikan puasa.

Larangan puasa ini disebutkan dalam hadits, Rasulillah SAW pernah bersabda “Jangan kamu dahului Ramadhan dengan puasa sehari atau dua hari, kecuali bagi seseorang yang memuaskan puasa tertentu, maka ia boleh meneruskan puasanya”. (Hadits Shahih, riwayat Bukhari: 1781 dan Muslim: 1812. teks hadits riwayat al-Bukhari).

3.Bertobat Kepada Allah SWT

Umat muslim diperintahkan untuk bertobat dan memohon ampun kepada Allah SWT sebagai salah satu amaln menjelang bulan Ramadhan Dengan bertobat kepada Allah SWT, umat muslim dapat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan dengan maksimal, bersih, suci dan gembira.

4.     Memperbanyak Doa dan Ibadah

Memperbanyak doa dan ibadah merupakan salah satu amalan yang dianjurkan menjelang bulan Ramadhan. Umat muslim berdoa dan memohon kepada Allah SWT agar dikaruniai umur panjang hingga berjumpa dengan bulan Ramadhan.

Menyambut Ramadhan dengan Gembira

Amalan menjelang bulan Ramadhan, setiap umat muslim harus menyambut bulan suci ramadhan dengan gembira dan penuh suka cita.

Rasulullah SAW pernah bersabda, "Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi, Allah telah mewajibkan padamu berpuasa di bulan itu. Dalam bulan itu dibukalah pintu-pintu langit, dan ditutuplah pintu-pintu neraka, dan syaitan-syaitan dibelenggu. Pada bulan itu terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Siapa yang tidak memperoleh kebajikan di malam itu, maka ia tidak memperoleh kebajikan apapun.” (Hadits Shahih, Riwayat al-Nasa'i: 2079 dan Ahmad: 8631. dengan redaksi hadits dari al-Nasa’i).

Itulah beberapa amalan menjelang Ramadhan yang dapat dikerjakan oleh umat muslim. Semoga Allah SWT memberi rahmat dan perlindungan kepada kita semua.

 

loading...


Penulis  : -
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com