• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Hanguskan 136 Lapak dan 40 Kios, Begini Detik-detik Pasar Kambing Terbakar

Kamis, 08 April 2021 | 20:05 WIB
Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang membakar Pasar Lontar atau Pasar Kambing di Jalan Sabeni, Tanah Abang, Jakarta, Kamis (8/4/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

KlikBabel.com - Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma turun langsung ke Pasar Kambing yang berlokasi di Jalan Sabeni Raya No.12, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (8/4/2021) malam. Hal tersebut berkaitan dengan terbakarnya pasar tersebut sejak pukul 16.55 WIB sore tadi.

Dhany menyatakan, api bisa dipadamkan pada pukul 18.15 WIB. Saat ini, dilaporkan sebanyak 136 lapak dan 40 kios luluh lantah akibat amukan si jago merah.

"Tinggal saat ini sudah teridentifikasi kurang lebih sebanyak 136 lapak dan 40 kios yang terbakar. Semua berada di PD Pasar Jaya," kata dia di lokasi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Dhany menyebutkan jika kebakaran berasal dari adanya korsleting arus listrik. Dari situ, muncul percikan api yang menyebabkan satu kios buah terbakar dan merambat ke kios lainnya.

"Mengenai ke salah satu lapak buah, atau kelontong, baru merambat, kemudian sudah bisa diblokir sehingga tidak sempat merambat kemana mana," sambungnya.

Dhany melanjutkan, tidak ada korban jiwa maupun luka akibat insiden ini. Hanya beberapa petugas saja kata Dhany yang mengalami luka kecil.

"Sementara hasil laporan tidak ada korban, jiwa maupun luka luka, kalau pun ada tadi sedikit dari petugas," beber dia.

Terpisah, Humas Gulkarmat DKI Jakarta, Mulat Wijayanto mengatakan, hingga kini sebanyak 85 personel diterjunkan ke lokasi kejadian. Setidaknya, sebanyak 40 kios menjadi sasaran amukan si jago merah.

"Penanganan awal sejak pukul 17.00 WIB. Total personel 85 orang dan jumlah objek yang terbakar sebanyak 40 kios," kata Mulat dalam keterangannya.

Atas insiden tersebut, kerugian ditaksir mencapai Rp. 1 miliar. Adapun sejumlah kendala dialami oleh petugas di lapangan seperti akses jalan yang sempit hingga sumber air yang jauh dari lokasi kejadian.

Kerugian kurang lebih 1 miliar. Saat ini masih dalam proses pendinginan. Hambatannya seperti akses jalan sempit,
kondisi jalan menuju TKP macet, dan sumber air Jauh dari TKP," pungkas Mulat.

Pantauan Suara.com di lokasi, listrik di sekitar Pasar Kambing pun terlihat padam. Sehingga, warga dan petugas pemadam kebakaran melakukan pendinginan dengan bantuan lampu senter.

Sementara itu, kemacetan panjang terjadi di Jalan Sabeni Raya. Hal tersebut lantaran jalan ditutup agar proses pemadaman tak terganggu.

Selain itu, hewan seperti kambing dan sapi yang dijual di pasar tersebut telah dievakuasi ke bangunan SD tak jauh dari lokasi.

Sebelumnya, insiden kebakaran terjadi di kawasan Pasar kambing, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis sore sekitar pukul 16.50 WIB. Informasi terkait menyalaknya si jago merah di kawasan tersebut dilaporkan oleh warga yang datang ke pos pemadam kebakaran.

loading...


Penulis  : -
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com