• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Perhatikan Tanda Tubuh Menua Lebih Cepat, Begini Cara Mencegahnya!

Senin, 22 Februari 2021 | 14:45 WIB
Ilustrasi penuaan. (Elements Envato)
Loading...

KlikBabel.com - Semua orang pasti akan menua pada waktunya. Tapi, ada beberapa orang yang menua lebih cepat dari waktunya. Penuaan yang terlalu cepat pastinya membuat seseorang tak percaya diri.

Kesulitan membawa tas belanja, celana yang terasa lebih ketat di bagian pinggang dan masih cukup di bagian bawah pinggang termasuk tanda-tanda tubuh menua lebih cepat.

Peningkatan lemak di sekitar pinggang dan penurunan cengkeraman tangan juga dikaitkan dengan peningkatan risiko kehilangan kesehatan.

Sebagian besar orang pasti suah paham faktor-faktor yang mempercepat penuaan. Tapi dilansir dari Times of India, berikut ini langkah yang bisa dilakukan untuk memperlambat penuaan.

1. Jaga pola makan

Seiring bertambahnya usia, makanan tinggi serat, seperti buah dan sayuran, oatmeal, kacang-kacangan dan polong bisa membantu menjaga kesehatan usus. Karena, serat membantu menjaga kadar kolesterol tetap rendah dan membantu mengatur kadar gula darah serta menjaga berat badan.

Konsumsi makanan tinggi folat dan vitamin B juga baik untuk menjaga kesehatan otak. Cobalah makan lebih banyak makanan biji-bijian karena baik untuk kesehatan jantung dan mencegah kanker.

2. Hidrasi tubuh

Tubuh kita sebagian besar terdiri dari air. Sehingga kehilangan banyak air atau dehidrasi bisa mengganggu fungsi tubuh dan membuat kita menua lebih cepat.

Apalagi rasa haus seseorang akan menurun seiring bertambahnya usia. Artinya, Anda akan memerlukan waktu lebih lama untuk mengetahui tubuh kekurangan cairan. 

Padahal air membantu mengontrol suhu tubuh, meningkatkan mood dan fokus serta banyak manfaat lainnya.

3. Aktivitas fisik

Usahakan Anda tetap aktif secara fisik agar tubuh dan pikiran tetap sehat. Karena, olahraga berfungsi menjaga kesehatan tulang dan otot persendian.

Olahraga juga membantu tekanan darah terkendali, mengelola stres dan menurunkan risiko penyakit jantung. Olahraga ini juga membantu mengelola kondisi kronis, seperti diabetes dan radang sendi.

4. Suplemen vitamin

Cobalah meminta saran dari dokter mengenai suplemen vitamin yang harus Anda konsumsi untuk memperlambat penuaan.

Seiring bertambahnya usia, Anda akan kehilangan lebih banyak kalsium sehingga berisiko mengembangkan osteoporosis, terutama di kalangan wanita setelah menopause.

Tapi, berjalan di bawah sinar matahari, konsumsi salmon dan sarden untuk mendapat vitamim D akan membantu menjaga kekebalan dan kesehatan mental.

5. Kelola stres

Stres juga bisa mempercepat penuaan, baik stres karena pekerjaan, hubungan atau lainnya. Stres terkait pekerjaan bisa berdampak bahaya pada DNA di dalam sel.

Orang yang stres terkait pekerjaan memiliki telomer terpendek yang bisa merusak atau membunuh sel. Pemendekan telomer ini berhubungan dengan penyakit parkinson, diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular dan kanker.

Loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com